Bandara Juanda Surabaya

455 Ekor Trenggiling Senilai Rp 3,4 Miliar Dibakar di Surabaya

#SURABAYA - Sebanyak 455 ekor daging Trenggiling diselundupkan ke Singapura melalui Bandara Juanda Surabaya.

455 Ekor Trenggiling Senilai Rp 3,4 Miliar Dibakar di Surabaya
SURYA/MERITA RISMALA
PENYELUNDUPAN - Ratusan daging trenggiling dibakar petugas KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda di halaman kantor Bea Cukai, Sidoarjo, Rabu (8/7/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 455 ekor daging Trenggiling diselundupkan ke Singapura melalui Bandara Juanda Surabaya.

Untuk mengelabuhi petugas, Trenggiling senilai Rp 3,4 miliar itu ditutupi ikan segar dan dokumen kepabeannya juga ditulis ikan segar.

Hewan langka yang dilindungi ini dibungkus dalam 43 boks, yang totalnya mencapai 1.390 kilogram. 

"Berawal dari kecurigaan petugas PT JAS selaku cargo handling. Setelah diperiksa, ternyata benar, barang yang disebut dalam dokumen berupa ikan segar, ternyata daging trenggiling yang disembunyikan di bawah ikan segar yang ditaruh di atas dengan sekat papan yang dibalut alumunium foil," ungkap Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ( DJBC) Jatim I, Rahmat Subagio, Rabu (8/7/2015).

dada

PENYELUNDUPAN - Seorang tersangka berinisial KWP ditangkap karena aksi penyelundupan ekspor jenis barang trenggiling, Rabu (8/7/2015). SURYA/MERITA RISMALA

Barang selundupan itu pun langsung diamankan petugas Bea Cukai. Ada satu orang yang telah ditetapkan menjadi tersangka. Yakni KWP, dari perusahaan yang mengirim daging trenggiling tersebut.

"Dia yang mengurus pembuatan pemberitahuan dokumen kepabeanan atas barang tersebut. Sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Tersangka dititipkan di Rumah Tahanan Kelas IIA Sidoarjo," sambung Rahmat.

Sementara daging trenggiling diamankan, dititipkan di gudang penyimpangan (cold storage) PT Pajajaran International di Terminal Cargo International Bandara Juanda.

Dalam prosesnya, Bea Cukai mendapat izin pemusnahan barang bukti tersebut berdasar penetapan Pengadilan Negeri Sidoarjo.

Dengan dasar itulah, Rabu pagi digelar pemusnahan barang bukti trenggiling di depan kantor Bea Cukai Juanda.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help