Ramadan 2015

Kisah Sulasih, Janda Sepuh Ajarkan Mengaji Tanpa Upah

#GRESIJK - Perempuan berusia 56 tahun itu rela menghabiskan waktunya menjadi guru mengaji bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu di desa.

Kisah Sulasih, Janda Sepuh Ajarkan Mengaji Tanpa Upah
Surya/Moch. Sugiyono
BELAJAR – Sulasih mengajari anak-anak desa tanpa upah dari wali murid, Selasa (7/7/2015). 

SURYA.co.id I GRESIK - Sulasih, janda sepuh asal Desa Masangan, Kecamatan Bungah, Gresik, rela menjadi guru ngaji atau guru membaca Alquran bagi anak-anak di desa yang kurang mampu tanpa gaji atau upah.

Perempuan berusia 56 tahun itu rela menghabiskan waktunya menjadi guru mengaji bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu di desa demi mewujudkan cita-citanya mencerdaskan anak-anak di kampungnya.

Selain mengajar mengaji, Sulasih juga membekali anak didiknya ilmu agama yang kuat sehingga mampu menghadapi perkembangan jaman dan teknologi.

Meski tidak digaji, janda tanpa anak ini rela mengajar siang hingga malam sampai anak didiknya sukses menggondol juara lomba membaca Alquran di tingkat Kabupaten.

Setiap harinya anak-anak desa berbondong-bondong keluar-masuk rumah Sulasih yang di tempati bersama keluarganya.

Puluhan anak-anak usia dini, setiap hari memenuhi rumah Sulasih untuk menuntut ilmu agama, mulai menghafal do'a-do'a keseharian dan belajar mengaji.

Siswa–siswinya yang masih duduk di bangku pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak tidak kalah mahir dan fasih dalam membawa Alquran dibandingkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) maupun SMP.

Menurut Sulasih, dibukanya tempat mengaji di rumahnya ini berawal dari saat dirinya memilih keluar menjadi guru TK di sekolah desanya sebab terserang penyakit (diabetes) yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit selama berbulan-bulan.

Pihak sekolah pun mencari guru ganti.

Setelah keluar dari rumah sakit, janda yang hanya lulusan SD ini tetap ingin mengamalkan ilmunya.

Halaman
12
Tags
Alquran
Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved