Ramadan 2015

Ini Jalur Pintas Banyuwangi - Jember, Juga Beberapa Rest Area

#BANYUWANGI - Selain rest area di Jembatan Timbang yang disediakan pemerintah, ada juga sejumlah rest area bagi para pemudik.

Ini Jalur Pintas Banyuwangi - Jember, Juga Beberapa Rest Area
surya/titis jatipermata
Sejumlah kendaraan memasuki kapal penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Jumat (5/6/2015). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Ada sejumlah jalur yang dilewati arus mudik dan balik di Kabupaten Banyuwangi. Jalur utara yang menghubungkan Banyuwangi - Situbondo, dan jalur selatan yang menghubungkan Jember - Banyuwangi.

Angkutan lebaran seperti bus antar kota dalam provinsi dan antara kota antar provinsi melewati dua jalur itu. Pemudik pemakai kendaraan pribadi, juga melewati dua jalur itu.

Selain itu ada juga jalur tengah atau jalur pintas yang menghubungkan Banyuwangi - Rogojampi - Parijatah - Genteng - Glenmore - Kalibaru - Jember.

Jalur ini lebih pendek jika dibandingkan jalur selatan yang dilewati bus AKAP dan AKDP. Demikian informasi yang dihimpun SURYA dari Satlantas Polres Banyuwangi, 5 Juli 2015.

Jalur utara yang menghubungkan Banyuwangi - Situbondo relatif bagus. Namun jalur ini rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Satlantas Banyuwangi menyebutkan sejumlah titik di jalur itu merupakan black spot, yakni titik di dekat Puskesmas Wongsorejo dan jalur antara Watu Dodol - Wongsorejo juga menjelang Taman Nasional Baluran.

Sedangkan jalur rawan kemcetan di jalur utara ada di Ketapang, sekitar Pelabuhan Ketapang.

Sedangkan di jalur selatan, kawasan yang rawan kemacetan ada di pasar Kecamatan Rogojampi dan pasar Kecamatan Genteng dan depan terminal lama Genteng.

Jalur rawan kecelakaan lalu lintas di kawasan selatan Banyuwangi ada di Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore yang berbatasan dengan Kecamatan Genteng. Kondisi jalur di jalur selatan juga relatif bagus.

Tetapi bagi anda pemudik pemakai kendaraan pribadi yang melewati jalur tengah atau pintas dari arah Rogojampi menuju Genteng sebaiknya berhati-hati karena kondisi jalan raya bergelombang dan sempit.

Dalam masa mudik dan balik, ada dua rest area yang disediakan oleh pemerintah setempat yakni di Jembatan Timbang Ketapang dan Jembatan Timbang Kalibaru. Polsek se-Kabupaten Banyuwangi juga mendirikan pos pantau yang bisa digunakan sebagai lokasi istirahat pemudik.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help