Surya/

Ramadan 2015

Ini Cara Mudik Gratis dari Kalimantan atau Sulawesi ke Jawa

Lebih dari 5.000 pemudik kapal laut Pelni yang berlabuh dari Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Balikpapan di Kalimantan serta dari Pelabuhan Makassar.

Ini Cara Mudik Gratis dari Kalimantan atau Sulawesi ke Jawa
antara
Ilustrasi pemudik via kapal laut 

SURYA.co.id | SURABAYA – Program mudik gratis selama ini banyak dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan di kota besar. Namun kebanyakan program mudik gratis hanya bisa mengantarkan hingga lokasi kampung halaman jika dilaksanakan dengan kendaraan darat.

Pada Lebaran tahun 2015 ini, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar program “Yuk Pulang Kampung! - Mudik Gratis Bareng Pelindo III” untuk para penumpang kapal laut Pelni tertentu.

Dengan program ini, para penumpang dapat langsung menuju ke kampung halamannya tanpa kesulitan mencari kendaraan darat setelah mengarungi laut.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka program mudik gratis “Mudik Bareng BUMN” yang digagas oleh Kementerian BUMN.

“Lebih dari 5.000 pemudik kapal laut Pelni yang berlabuh dari Pelabuhan Kumai, Sampit, dan Balikpapan di Kalimantan serta dari Pelabuhan Makassar di Sulawesi akan diantar langsung oleh Pelindo III sampai kebeberapa kota tujuan mudik di Jawa,” kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, Minggu (28/6/2015).

Ia menjelaskan, Pelindo III akan menyediakan bus gratis di dua kota keberangkatan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-1 hingga H-7 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1436 H atau tanggal 10 hingga 16 Juli 2015.

Bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, akan melayani lima rute ke sejumlah kota di Jawa Timur. Rute tersebut adalah Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu. Untuk Pulau Madura tersedia rute Sampang-Pamekasan-Sumenep.

Sementara untuk bus keberangakatan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terdapat empat rute kesejumlah kota di Jawa Tengah. Di antaranya yaitu ruteDemak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang.Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III.

Pendaftaran program mudik bareng Pelindo III tersebut dibuka mulai tanggal 3 Juli 2015 hingga kuota terpenuhi melalui posko-posko pendaftaran di terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan keberangkatan pemudik yakni Pelabuhan Makasar, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Sampit, dan Pelabuhan Kumai. Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri dengan membawa tiket kapal Pelni dan bukti identitas diri.

Program yang diprakarsai oleh Pelindo III tersebut menggandeng Pelindo IV untuk pelabuhan keberangkatan di Pelabuhan Makasar dan Pelabuhan Balikpapan, serta PT Pelni selaku operator kapal penumpangdanpenyediaan armada bus oleh Perum Damri.

Beberapa kapal penumpang Pelni yang para penumpangnya turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan akan diantar ke beberapa kota di JawaTimur. Kapal-kapal itu di antaranya adalah Kapal Dobonsolo, Tidar, Gunung Dempo dari Pelabuhan Makasar, Kapal Awu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dari Pelabuhan Balikpapan dan Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Sampit.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pemudik yang berkesempatan diantar kekampung halaman pada beberapa kota di Jawa Tengah diantaranya para penumpang Kapal Lawit dan Leuser dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon dan Lawit dari Pelabuhan Kumai.

Jumlah kursi bus dan bagasi yang disediakan untuk mudik gratis jumlahnya terbatas, hanya 10 bus yang disediakan di Pelabuhan Tanjung Perak dapat mengangkut sekitar 480 orang untuk setiap kapal. Sementara untuk pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disediakan sebanyak 8 bus bagi 288 orang pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut.

“Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan,” ujar Edi.

Ia juga menambahkan, jika ada permintaan informasi terkait program mudik gratis ini selengkapnya bisa diakses melalui website korporat www.pelindo.co.id. Terkait program ini para calon pemudik juga dapat menghubungi via SMS center layanan mudik Pelindo III melalui nomor 08113455333.

Penulis: Satria Akbar Sigit
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help