Bandara Juanda Surabaya

Gedung Sekitar Bandara Juanda Kini Boleh Setinggi 200 Meter

#SURABAYA - PT Angkasa Pura sebagai operator Bandara Juanda menyetujui batas ketinggian gedung yang diinginkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Gedung Sekitar Bandara Juanda Kini Boleh Setinggi 200 Meter
faiq nuraini
Suasana ruang kontrol lalu lintas udara di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Angkasa Pura sebagai operator Bandara Juanda menyetujui batas ketinggian gedung yang diinginkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Bangunan di sekitar bandara nantinya boleh sampai ketinggian 200 meter.

Ketinggian bangunan ini lebih tinggi dari wacana awal yang hanya membolehkan ketinggian maksimal 150 meter.

"Tidak ada masalah dengan ketinggian 200 meter itu. Sebab, landasan pacu Bandara Terminal 3 dan 4 nantinya menjorok ke laut," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Juanda Yanus Suprayogi, Senin (29/6/2015).

Titik temu itu diperoleh setrelah pihak Angkasa Pura dan Wali Kota Surabaya Risma sebelumnya duduk bersama. Bahkan saat Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga dimintai tolong Risma untuk segera merealisasikan penerapan KKOP. Yanus sendiri mengakui bahwa ketinggian bangunan itu juga sudah disetujui menteri.

"Namun, kami masih perlu menyampaikan ini kepada Pak Gubernur. Selasa (30/6) besok saya presentasikan KKOP ini ke pak Gubernur," kata Yanus.

Yanus mengakui bahwa Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) memang mendesak. Hal ini akan menyangkut kepentingan investor dan pengembangan kota. "Setelah presentasi ini akan ada kepastian menyangkut investor," kata Yanus.

Pria asal Malang ini mengakui bahwa penentuan landasan pacu yang menjadikan KKOP agak melamban. Seharusnya 15 Juni kemarin KKOP sudah harus tuntas. Angkasa Pura mengakui bahwa titik landasan itu saat ini sudah ditentukan dan sudah diukur.
Sebagaimana diketahui bahwa Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) salah satu ketentuan dalam sistem KKOP tersebut adalah menyangkut ketinggian gedung di sekitar bandara. Selain infrastruktur utama dalam bandara. Ketinggian gedung dilarang lebih dari 150 meter di sekitar bandara.

"Detailnya nanti bisa dilihat. Ketinggian gedung itu menyangkut keamananan terbang. Asal jarak pesawat aman, silakan gedung tinggi. Selain itu, semangat kami tak boleh menghambat perkembangan kota," tambah Yanus. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved