Surya/

Terminal Purabaya

Menhub Wajibkan Layanan Tiket Online untuk Bus Saat Arus Mudik Tahun Depan

Kalau tahun ini, pemerintah belum bisa maksimal dalam pelayanan. Tahun depan baru dirasakan karena mudik mendatang harus pakai tiket online.

Menhub Wajibkan Layanan Tiket Online untuk Bus Saat Arus Mudik Tahun Depan
surya/ahmad zaimul haq
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersalaman dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat berkunjung ke Surabaya, 23 November 2014. 

SURYA, SURABAYA - Pemerintah belum bisa memberi pelayanan maksimal dalam mudik tahun ini. Sebab antrean penumpang, menumpuknya penumpang berebut bus, seakan sulit dilenyapkan. Meski pemudik sebenarnya tak mempersoalkan ini.

Baru tahun depan, mudik yang nyaman akan dirasakan. "Kalau tahun ini, pemerintah belum bisa maksimal dalam pelayanan. Tahun depan baru dirasakan karena mudik mendatang harus pakai tiket online," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau persiapan mudik di Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Jumat (26/6/2015).

Saat ini saja, gedung Terminal Bungurasih belum tuntas. Untuk pengmbangan terminal tipe A ini telah diberi dana khusus Rp 19 miliar. Namun, Jonan menegaskan bahwa bertahap pelayanan terbaik kepada pemuk harus ditingkatkan. Saat ini, diakui pelayanan di terminal bus masih kalah dengan pelayanan di stasiun kereta api.

Pelan-pelan harus dimulai. Tahun depan, e-ticketing sudah harus dijalankan. Terutama untuk bus antarkota antarprovinsi. Tinggal menyesuaikan jadwal berangkat dengan antrean penumpang. "Harus bisa demi pelayanan terbaik untuk penumpang," kata Jonan.

Dengan tiket online, setidaknya kenyamanan penumpang akan dirasakan. Mereka para penumpang datang ke terminal sudah membawa tiket. Mereka akan datang disesuaikan jadwal keberangkatan. Antrea orang bisa ditata dan armada bus tentu bisa diatur bersama operator.

Akan ada konsekuensi dan ini menjadikan semuanya lebih tertib. Menumpuknya penumpang bisa dikurangi. Jika penumpang telat, itu risiko mereka. Namun untuk moda bus ini, telat sedikit bisa ditoleransi. Tak seperti kereta atau bus. Apalagi bus jam operasinya bisa 24 jam.

Selama mudik tahun ini, pemerintah sedang berkonsentrasi dua hal. Yakni menyangkut keselamatan atau safety untuk semua moda transportasi. Belum sampai pada kenyamanan. Bicaea layanan belum bisa tahun ini. Setiap moda transportasi harus berusaha maksimal untuk jaminan keselamatan penumpang tahun ini.

Kedua menyikapi menaiknya volume kendaraan saat mudik. Rata-rata, semua moda transportasi baik 5 perse. Untuk moda transportasi laut naik 2 persen. Artinya, semua pelayanan mereka harus dimulai dari sekarang.

Pemerintah dengan APBN terus mengupayakan peningkatan inftrastruktur untuk pengembangan terminal tipe A. Seperti Terminal Bungur tahun ini diberi anggaran Rp 19 Miliar. Di seluruh Indonesia ada 143 terminal tipe A.

Hari ini Dibuka Mudik Gratis

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help