Berita Mojokerto

Beredar Mrica Palsu di Mojkerto, Merica Palsu dari Pelet Ikan

"Semua kalau terlalu banyak atau berlebihan tidak bagus. Seperti kalsium sangat dibutuhkan tubuh, tapi kalau berlebihan tidak bagus," papar

Beredar Mrica Palsu di Mojkerto, Merica Palsu dari Pelet Ikan
surya/ahmad f
Harga palawija dan sembako mulai merangkak naik di Pasar KLD Bangkalan, Rabu (25/6/2014) menjelang bulan Puasa

SURYA.co.id| MOJOKERTO - Merica palsu yang menggegerkan Mojokerto dan sekitarnya ternyata dibuat dari bahan berkalsium tinggi. Bahan baku tersebut utamanya dibuat dari pelet pakan ikan yang harganya cukup murah.

Terungkapnya pelet pakan ikan yang dipakai bahan merica palsu setelah Dinas Perinduatrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Mojokerto memperoleh hasil uji laboratorium.

Bahwasanya bahan baku merica palsu itu terdiri dari lima unsur yakni peperin, kalsium, protein, pati/tepung dan pelet (bahan baku pakan ikan).

Dari lima unsur mana yang paling berbahaya terhadap kesehatan konsumen?

"Semua kalau terlalu banyak atau berlebihan tidak bagus. Seperti kalsium sangat dibutuhkan tubuh, tapi kalau berlebihan tidak bagus," papar Kepala Disperindag, Bambang Purwanto, Rabu (24/6).

Kalsium dalam merica palsu kadarnya berapa?

"Terus terang kami belum tahu. Soalnya masih dalam pengujian lab. Untuk meneliti kadarnya, tentunya diuji butir per butir," jelasnya.

Yang menjadi bidikan dalam persoalan merica palsu adalah, apakah bahan yang dipakai bahan baku merica palsu layak konsumsi atau tidak.

Apabila bukan untuk kebutuhan makan manusia, dampaknya sangat berbahaya bagi tubuh.

"Makanya setelah terungkap peredaran merica palsu kami langsung koordinasi dengan kepolisian terkait pemalsuannya agar cepat tertangani," ujarnya.

Halaman
12
Tags
Mojokerto
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved