Berita Mojokerto

Onde onde Mojokerto Go Internasional

"Selama pelatihan banyak ilmu yang kami peroleh. Mulai dilatih membuat email dan cara memasukkan produk ke situs penawaran yang ada," tutur Siti Amina

Onde onde Mojokerto Go Internasional
surya/anas miftakhutadin
Pelatihan UMKM dengan memasarkan onde onde ke luar negeri 

SURYA.co.id|MOJOKERTO - Onde-onde Mojokerto bakal go Internasional setelah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Mojokerto dilatih memasarkan barangnya lewat internet.

Pelatihan yang dimulai, Senin (8/6) hingga Selasa (9/6), banyak manfaat yang diterima pelaku UMKM. Karena selama ini, pelaku UMKM kesulitan memasarkan barangnya hingga ke luar kota.

"Selama pelatihan banyak ilmu yang kami peroleh. Mulai dilatih membuat email dan cara memasukkan produk ke situs penawaran yang ada," tutur Siti Aminah yang ikut dalam pelatihan.

Walikota Mojokerto KH Mas'ud Yunus, berharap onde onde yang menjadi makanan khas Mojokerto bisa dikenal di seluruh dunia.

"Sekarang untuk memasarkannya lebih mudah karena bisa lewat internet. Tujuan kami onde onde bisa dinikmati oleh orang Malaysia atau negara lain," tandasnya.

Pelaku UMKM selama ini kesulitan memasarkan produknya mulai dari pakaian, sepatu dan makanan khas lainnya. Selama ini cara pemasarannya ke pasaran dari warung ke warung.

Tetapi setelah pelatihan yang dibekali ilmu, pemasarannya bisa sampaj luar kota hingga dunia.

"Ini adalah cara memasarkan produk yang paling gampang dan mudah dibaca orang. Sekarang kan semua orang melek internet dan ini adalah kesempatan," tandasnya.

Sementara itu, OSM Regional Enterprise Goverment & Business Service Regional V, Imam Moencar, menjelaskan ketersediaan akses internet makin memudahkan pelaku UMKM.

"Ini adalah potensi besar bagi UMKM di Mojokerto yang akan memperkuat daya saing Indonesia di pasar bebas," terangnya.

Program pelatihan yang digelar Telkom menggandeng blanja.com selama dua hari untuk memberikan solusi kepada UMKM.

Dalam sosialisasi itu, Telkom memberikan solusi e-commerce pelaku usaha di Mojokerto.

Pelaku usaha itu diajari membuat toko online yang bertujuan membantu memperluas pemasaran produknya ke seluruh Indoneaia atau dunia.

"Selain mengembangkan program ini, Telkom juga menjalankan konsep kampung digital. Nah salah satunya Mojokerto akan dibuat kampung digital," paparnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved