Berita Malang Raya

Potensi Kelapa Malang Selatan Belum Tergarap Maksimal

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi alternative pengembangan diri jika ingin bekerja di bidang yang tidak linier dengan pendidikannya.

Potensi Kelapa Malang Selatan Belum Tergarap Maksimal
surya/sulvi sofiana
PELATIHAN - Direktur PT. Coconut Center Indonesia, Imam Nur Hidayat menyampaikan materi dalam pelatihan kewirausahaan ‘Creations of Succes Enterpreuner’ di Gedung Kartini Malang, Minggu (7/6/2015).

SURYA.CO.ID | MALANG – Potensi alam Malang bagian selatan, khususnya kelapa, masih belum tergarap secara maksimal. Padahal sumber daya hayati itu bisa menjadi komoditas ekspor.

“Contoh studi yang saya paparkan adalah komoditas kelapa yang sampai saat ini masih dimanfaatkan sebagai kopra. Padahal kopra merupakan bahan baku dengan nilai ekonomis yang rendah dan cenderung turun,” ungkap Direktur PT. Coconut Center Indonesia, Imam Nur Hidayat dalam Pelatihan Kewirausahaan ‘Creations of Succes Enterpreuner’ di Gedung Kartini Malang, Minggu (7/6/2015).

Keadaan Indonesia yang saat ini lebih banyak mengimpor bahan pangan hingga mencapai 100 triliun adalah sangat memprihatinkan karena banyak komoditas lokal di tiap daerah yang bisa diberdayakan hingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Pembelajaran penerapan teknologi mulai dari yang sederhana, kelapa bisa dimanfaatkan sebagai minyak dan produk lain yang mempunyai nlai ekonomis yang tinggi.

“Untuk itu mahasiswa saat ini perlu didorong untuk mengolah berbagai sumber daya, apalagi sekarang susah jadi pegawai,” terangnya dalam pelatian kewirausahaan gelombang kedua yang diadakan IKIP Budi Utomo Malang (IBU) untuk calon guru.

Rektor IBU, Drs. H. Nur Cholis Sunuyeko, Msi menjelaskan, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi alternative pengembangan diri jika ingin bekerja di bidang yang tidak linier dengan pendidikannya.

“Pelatihan ini dibuka dengan sistem pendaftaran. Pelatihan pertama Bulan Februari 2015 diikuti sekitar 1.000 peserta. Demikian pula hari ini ada sekitar 1.050 mahasiswa yang berminat,” jelasnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.
LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline
FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
Budi Utomo
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved