Bandara Juanda Surabaya

Lonjakan Penumpang Mudik, Bus Juanda Jangan Berjejal

#SURABAYA - Bus Damri khusus dari Terminal Purabaya ke Bandara Juanda butuh waktu rata-rata 30 menit.

Lonjakan Penumpang Mudik, Bus Juanda Jangan Berjejal
faiq nuraini
Bus Damri khusus rute Terminal Purabaya ke Bandara Juanda PP. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang mudik seperti saat ini, layanan di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo terus ditingkatkan. Tak hanya jalur antarkota, namun jalur khusus Juanda juga akan mendapat perhatian khusus.

Meski akan menjadi bus yang paling diserbu saat ke Bandara Juanda, namun diminta bus ini tetap memberi kenyamanan. Tidak boleh ada yang berdiri apalagai sampai berjejal.

Sebab, saat musim mudik nanti, penumpang di jalur bus khusus juanda akan naik berkali lipat. Jika setiap hari di kisaran 500-an orang, nanti saat mudik bisa sampai 2.000 orang.

Saat ini saja peningkatan penumpang khusus ke Juanda meningkat saat liburan panjang. "Kalau hari-hari biasa seperti ini, kami biasa angkut penumpang rata-rata 10 orang," kata Galih, salah satu sopir Bus Bandara Juanda, Rabu (3/6/2015).

Bus dengan trayek khusus Purabaya-Bandara Juanda ini sudah beroperasi sejak 2008. Semakin hari, semakin banyak warga yang berminat memanfaatkan layanan bus umum ini. Selain tarifnya terjangkau, jarak tempuh ke Juanda juga relatif tak lama.

Diperlukan waktu rata-rata setengah jam sudah bisa sampai Bandara Juanda dari Terminal Purabaya. "Enak naik bus. Cukup bayar Rp 25.000 sudah sampai. Tapi agak kesel juga karena ngetem di Purabaya sebelum berangkat bisa sampai 15 menit," ucap Nining, salah satu penumpang.

Setiap hari, selalu berjajar bus Damri khusus rute Purabaya-Juanda. Tempat mangkal dan pemberangkatan bus ke bandara ini persis di sisi kiri terminal kedatangan Purabaya.

Setiap hari ada 25 unit bus melayani para penumpang yang mau ke Juanda atau yang balik dari Juanda ke Purabaya. Tidak ada kondektur di dalam bus ini. Mereka harus membayar tiket lebih dulu saat baik bus.

Bus khusus ke dan dari Juanda itu mulai melayani penumpang sejak pukul 02.00 dini hari. Para awak bus bergantian melayani penumpang bersama bus mereka. Layanan angkutan Juanda ini beroperasi hingga pukul 23.00.

Kepala UPT Terminal Purabaya May Ronald menuturkan bahwa jalur bus Juanda memang dibuat khusus. Bus ini hanya boleh menaikka penumpang dari Purabaya. "Kecuali kalau pulang, penumpang bisa turun di mana pun," kata Ronald.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved