Berita Mojokerto

Proyek Disparta Mojokerto Direbut 87 Rekanan

Paket pekerjaan proyek program bantuan dekonsentrasi Jalan Usaha Tani (JUT) di Dinas Pertanian Pemkab Mojokerto senilai Rp 10 miliar yang dipecah menj

Proyek Disparta Mojokerto Direbut 87 Rekanan
Surya/sudarmawan
Proyek Pembangunan Jalan Usaha Tani Desa Rejosari, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun senilai Rp 139,5 juta yang dikerjakan CV Putra Mandiri Group mengalami keterlambatan penyelesaian pekerjaan, Rabu (3/9/2014).

SURYA.co.id| MOJOKERTO - Proyek 100 paket program bantuan dekonsentrasi Jalan Usaha Tani (JUT) di Dinas Pertanian Pemkab Mojokerto senilai Rp 10 miliar disinyalir hanya dikerjakan 60 persen saja.

Tengara pengerjaan proyek secara ngawur itu juga mendapat perhatian dari penyidik.

Paket pekerjaan proyek program bantuan dekonsentrasi Jalan Usaha Tani (JUT) di Dinas Pertanian Pemkab Mojokerto senilai Rp 10 miliar yang dipecah menjadi 100 paket direbut 87 rekanan di Mojokerto.

Rekanan yang menggarap proyek dari kucuran dana Pemprov Jatim itu diduga sudah masuk lingkaran. Tarikan fee sebesar 17,5 persen yang ditetapkan oleh pengepul langsung diiyakan karena dianggap sudah biasa.

Penyidik yang mengungkap dugaan penyalahgunaan program ini ada 87 rekanan dari 11 asosiasi. Satu pengusaha atau CV yang mendaftar ada yang mendapat 1 proyek atau lebih.

"Jadi rekanan yang kami mintai keterangan sesuai dengan berkas yang ada," ujar Kapolres Mojokerto AKBP Budhi Herdi Susianto, Kamis (21/5).

Seperti diketahui, penyidik pernah menyelidiki program JUT antara tahun 2011-2012 silam.

Namun kasus tersebut tidak sampai lanjut dan kini lembarannya mulai dibuka lagi setelah KPK menanyakan pada 25 Maret lalu.

Dalam kasus ini, penyidik menyoroti pelaksanaan proyek infrstruktur pertanian yang dibagi dalam 100 paket.

Nilai anggaran tiap paketnya antara Rp 92 juta sampai Rp 95 juta. Proyek ini diduga menggunakan sistem penunjukkan langsung (PL) dan dikerjakan oleh puluhan rekanan.

Lokasi proyek yang digarap disebar ke 100 desa yang terbagi dalam 6 kecamatan.

Namun selama kurun waktu hampir 3 tahun proyek itu tak ada jluntrungnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved