Ingin Cepat Kerja? Menulislah!

hanya dengan modal menulis, jangan khawatir jadi pengangguran.... ini buktinya...

Ingin Cepat Kerja? Menulislah!
familylines
menulis 

Oleh : SANDI ISWAHYUDI
Mahasiswa Jurusan ITP (Ilmu dan Teknologi Pangan) Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang
@SandiIswahyudi

PENULIS akan terus dibutuhkan, karena penulis menciptakan konten. Semua yang ada di internet, macam artikel, tweet, status, meme, video, hingga gambar itu semua adalah konten. Tanpa konten, tak ada yang bisa dinikmati di internet! Demikian ucap M Ilman Akbar, search cordinator traveloka.com di kelas khusus Komunitas Akademi Berbagi Malang, Minggu (3/5).

Kelas lesehan di depan Rektorat UIN Maliki Malang itu ditujukan bagi para relawan untuk mengembangkan keterampilan mereka. Menulis, tekan Ilman Akbar, bisa membantu diri berkembang, sehingga bisa memiliki nilai plus bagi orang lain, terutama calon karyawan.

Dalam buku How to Become A Great Freshgraduate disebutkan, salah satu keterampilan penting saat pertama berkecimpung di dunia kerja adalah menulis. Bahkan sebagian besar rekruter menilai calon karyawan dari tulisan atau blog yang mereka miliki.

Diestra, Kepala Sekolah Akademi Berbagi Malang, menekankan, kelas ini memeang beda. Dari belasan relawan hanya enam relawan yang berminat. Walaupun materi kepenulisan menjemukan, tapi jika berhubungan dengan karier, materi menjadi begitu berharga. Sebab persaingan sekarang bukan hanya dalam tataran Indonesia, melainkan global.

Menulis, bukan hanya media ekspresi diri dan eksistensi semata. Menulis, menjadi alat mengembangkan diri, personal branding dan modal meraih karier sebelum lulus. Banyak sudah buktinya. Setidaknya saya sudah membuktikannya, menjadi freelance reporter - writer di careernews.id dan membacacepat.com.

Indonesia, negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, membuka peluang besar. Berbagai profesi baru pun bermuncukan, seperti social media strategis, SEO, hingga digital marketing.

Ini peluang, untuk mahasiswa di berbagai jurusan mengambil kesempatan. Perusahaan yang bergerak di dunia digital dengan core kepenulisan, tak lagi melihat jurusan. Melainkan keterampilan serta track record sang pelamar.

Pertanyaan umum peserta, menulis itu sulit tidak? Tidak, terbukti peserta dapat menghasilkan tulisan yang bagus dan menyentuh hanya dalam waktu 30 menit. Bahkan, dalam waktu 10 menit pun mereka bisa. Itu bukti menulis itu mudah.

Ingin segera dapat pekerjaan? Menulislah!

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved