Perpustakaan Kota Kediri Bina Minat Baca

Kerahkan Motor Gerobak Mendatangi Pembaca

Lagkah itu dilakukan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Kerahkan Motor Gerobak Mendatangi Pembaca
surya/didik mashudi
Gerobak perpus siap mendatangi pembaca, Selasa (19/5/2015). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Untuk menumbuhkan minat baca, petugas perpustakaan di Kota Kediri kini mulai jemput bola. Mobil keliling dan motor gerobak perpustakaan dikerahkan mendatangi para pembaca.

Anita (10) pelajar SD tampak serius membolak-balik buku bacaan cerita bergambar. Buku bacaan itu diambil dari koleksi motor gerobak perpustakaan yang berkeliling ke sekolah dan tempat-tempat umum.

Selain Anita ada juga sejumlah anak-anak usia TK yang meminjam buku bacaan bergambar untuk anak-anak TK. Anak-anak dengan leluasan memilih buku bacaan yang diminatinya.

Kegiatan itu yang secara rutin dilakukan unit bergerak mobil dan motor gerobak perpustakaan Kota Kediri. Ada sebuah mobil dan tiga motor gerobak yang setiap hari berkeliling ke sejumlah sekolah dan tempat umum.

Lagkah itu dilakukan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Selain menyasar para pembaca pemula anak-anak usia sekolah TK dan SD juga masyarakat dewasa.

Langkah itu dilakukan untuk memasyarakatkan budaya membaca di masyarakat. Tidak dipungkiri, maraknya siaran TV telah banyak mempengaruhi minat baca masyarakat.

Budaya melihat menjadi lebih dikedepankan dibanding dengan budaya membaca buku. Anak-anak setiap hari betah berjam-jam di muka TV, tapi hanya beberapa menit membaca buku.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri Yoyok Susetyo mengaku harus melakukan berbagai terobosan untuk menumbuhkan minat baca. Salah satunya mendatangi para pembaca potensial di tempat umum.

"Ada tiga motor roda tiga perpustakaan yang setiap hari kami kerahkan mendatangi sekolah PAUD, TK, TPQ dan SD. Sedangkan sebuah mobil juga kami siapkan berkeliling di tempat umum," ungkapnya.

Di Gedung Perpustakaan Kota Kediri juga disiapkan sejumlah fasilitas penunjang yang membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di perpustakaan. Fasilitas itu seperti hot spot, wifi dan fotokopi.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help