Hari Buku Nasional

Kediri Tumbuhkan Minat Baca Generasi Muda

Buku didekatkan kepada warga dengan cara yang fun sehingga buku menjadi sesuatu yang menyenangkan dan layak dinikmati

Kediri Tumbuhkan Minat Baca Generasi Muda
surya/didik mashudi
ANTUSIAS BUKU - Ratusan pelajar yang hadir pada acara Kediri Lautan Buku di Jl Basuki Rahmad, Minggu (17/5/2015). 

SURYA.CO.ID | KEDIRI - Peringatan Hari Buku Nasional di Kota Kediri ditandai dengan acara membaca buku bersama di sepanjang Jl Basuki Rahmad dan diwarnai dengan sumbangan buku dari peserta, Minggu (17/5/2015).

Difta pelajar SMPN 1 Kota Kediri tampak antusias menyimak instruksi dan pertanyaan yang disampaikan panitia, berupa menyimak materi isi buku yang dibaca bersama para pelajar.

Ada sekitar 1.000 pelajar dan anak-anak muda yang hadir memeriahkan Peringatan Hari Buku Nasional. Peserta semakin bersemangat karena panitia juga membagikan hadiah buku kepada para peserta.

Meski baru pertama kali ikut, Difta berharap kegiatan serupa digelar rutin karena membaca bersama dengan sendirian banyak bedanya. "Kalau baca bareng-bareng begini tambah semangat," ungkapnya.

Selain Difta, ada Ny Suciningtyas Wardani yang mengajak tiga anaknya datang. Anak-anak itu juga tampak bersemangat membolak balik buku-buku pelajaran bergambar yang dipinjam dari perpustakaan keliling. "Kalau banyak temannya anak-anak lebih senang belajarnya," tambahnya.

Alfin Faesal, peserta lainnya, memberikan kesan yang sangat positif kegiatan ini. Dia berharap kegiatan serupa diadakan rutin setiap tahun. Apalagi acaranya dikemas dengan menarik namun syarat dengan pesan-pesan positif.

Di sekeliling lokasi acara banyak terdapat poster-poster yang berisi kutipan inspiratif berupa ajakan untuk membaca buku. "Buku didekatkan kepada warga dengan cara yang fun sehingga buku menjadi sesuatu yang menyenangkan dan layak dinikmati,” tambahnya.

Sementara Naim Ali, penanggung jawab kegiatan, berharap kegiatan membaca buku secara massal mampu memberikan hiburan sekaligus menjadi sarana pendidikan.

Naim berharap program ini bisa dibaca sebagai ikhtiar untuk membangkitkan kehangatan tradisi sebuah kota. "Selain itu dapat merangsang daya intelegensi dan kreativitas dan memberi identitas baru pada kota dimana identitas itu dihidup-hidupi dengan semangat membaca,” tuturnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membaca buku bagi generasi penerus. “Bacalah buku untuk menambah wawasan karena wawasan penting bagi generasi penerus,” tandasnya.

Acara ini diikuti pelajar SD sampai perguruan tinggi. Selain itu juga dimeriahkan berbagai komunitas seperti, Earth Hour, Kediri Art Project, Chelsea Indonesia Supporter Club, Malam Puisi Kediri dan beberapa komunitas lainnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help