Berita Mojokerto

Stok Beras di Mojokerto Aman Hingga Puasa

"Memang stok aman, tapi jika saat puasa dan Hari Raya dibutuhkan beras untuk menjaga kestabilan harga beras. J

Stok Beras di Mojokerto Aman Hingga Puasa
antara/suryanto
Mensos Khofifah Indar Parawansa memeriksa kualitas raskin di gudang Bulog Subdivre Surabaya Utara, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (1/3/2015). 

SURYA.co.id| MOJOKERTO - Menjelang puasa mendatang, stok beras di Bulog Sub Divre Surabaya Selatan yang meliputi wilayah Mojokerto dan Jombang masih aman.

Di gudang Bulog Sub Divre Surabaya Selatan, stok beras yang tersedia mencapai aman untuk mencukupi kebutuhan 15 bulan ke depan.

Kepala Bulog Sub Divre Surabaya Selatan, Budhi Ganefiantara, mengungkapkan sampai hari ini stok beras yang ada mencapai 41.000 ton.

Apabila penyalurannya 2.600 ton/bulan maka akan cukup untuk kebutuhan 15 bulan ke depan.

"Penyaluran itu berdasarkan beras masyarakat Kabupaten Jombang sebanyak 1.500 ton dan untuk Kabupaten serta Kota Mojokerto sebanyak 1.100 ton/bulannya," tutur Budhi, Sabtu (16/5).

Meski sudah jauh dari cukup, Bulog tetap terus meningkatkan penyerapan beras untuk memenuhi kebutuhan beras di tiga wilayah itu.

"Memang stok aman, tapi jika saat puasa dan Hari Raya dibutuhkan beras untuk menjaga kestabilan harga beras. Jadi kami juga melakukan operasi pasar," tandasnya.

Sementara target Bulog sendiri dalam setahun, penyerapan beras sebanyak 70.000 ton.

Banyaknya beras yang diaimoa itu untuk menjaga kestabilan pangan di Indonesia.

Untuk mencapai target 70.000 ton, Bulog Sub Dirve Surabaya Selatan akan memaksimalkan elemen yang sudah ada.

Seperti mengoptimalkan kelompok tani, mitra kerja Bulog, Satgas Bulog serta unit pengggilingan gabah beras Bulog. Namun pengoptimalan beras lebih diutamakan kepada Satgas Bulog.

"Kami utamakan pada Satgas Bulog untuk jemput bola atau membeli gabah kepada petani.Dalam setahun, yakni dua kali panen, saya cukup optimistis untuk memenuhi target tersebut secara maksimal. Karena selain memenuhi kebutuhan sendiri, juga suplai ke daerah yang membutuhkan," katanya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help