Berita Malang Raya

Gelar Wayangan, Peringati Hari TB Sedunia

"Target kami melakukan edukasi dan penyembuhan agar tidak menghindari TB, dan melakukan pengobatan secara rutin," tuturnya.

Gelar Wayangan, Peringati Hari TB Sedunia
surya/Sulvi Sofiana
Dalang memainkan Wayang yang menceritakan kegiatan Organisasi Wanita Muhammadiyah Aisyiah Kota Malang di UMM kampus II, Kamis (14/5/2015) 

SURYA.co.id| MALANG - Masyarakat yang mulai sadar kesehatan mulai menggalakkan berbagai program edukasi kesehatan.

Hal ini juga dilakukan Community Tuberculosis (TB) Care Organisasi Wanita Muhammadiyah Aisyiah Kota Malang di kampus II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (14/5).

Namun, ada yang berbeda dalam edukasi kali ini, mereka menggunakan media budaya wayangan untuk menyampaikan pengetahuan dan pencegahan TB.

Hal ini di paparkan koordinator program TB Kota Malang, Arif Rahmawan.

"Target kami melakukan edukasi dan penyembuhan agar tidak menghindari TB, dan melakukan pengobatan secara rutin," tuturnya.

Dalam acara ini Arif dan pasien suporter istilah untuk kader TB dan relawan juga membuat permainan edukasi TB untuk anak taman kanak-kanak yang juga mengisi acara.

"Kami ingin mengenalkan TB sejak usia dini daa mengubah pemahaman mereka bahwa TB itu berasal dari virus yang menyerang berbagai kalangan, tidak hanya masyarakat dengan ekonomi rendah," jelasnya.

Permainan ini berbentuk permainan ular tangga yang disetiap kotak permainan berisi pemahaman mengenai TB.

Sampai saat ini terdapat 48 kadet TB dari Aisyiah, 24 TB dari tokoh agama dan 3 pendamping TBMDR (Tuberculosis Multi Drug Resistant).

Arif menjelaskan bahwa kegiatan komunitasnya selain bekerja sama dengan rumah sakit untuk pendampingan pemberian obat, pasien suporter juga mencari penderita TB di Kota Malang untuk diberi pengobatan.

"Selama setahun berjalan kami sudah mendampingi sekitar 110 pasien TB yang kami temukan, namun belum ada daru mereka yang TBMDR, di Kota Malang sendiri hanya ada 5 orang yang dinyatakan sebagai TBMDR,"jelasnya.

Ketua panitia, Rully Narulita mengungkapkan bahwa acara komunitas ini digabung dengan ulang tahun Aisyiah ke 101 dan Syiar.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved