Berita Mojokerto

DPRD KOta Mojokerto Usulkan Kuota 20 Persen Siswa Luar Kota

Kalau ngotot tanpa kuota, bisa jadi warga kota jadi penonton karena kalah berkompetisi dengan masyarat luar Kota Mojokerto

DPRD KOta Mojokerto Usulkan Kuota 20 Persen Siswa Luar Kota
antara
Ilustrasi siswa mengerjakan ujian. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Komisi III DPRD Kota Mojokerto mengusulkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendatang diusulkan kuota 80:20 persen.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi serbuan siswa dari luar Kota Mojokerto.

Usulan penerapan kuota itu dilakukan saat komisi yang membidangi kesra hearing dengan tim perumus draft peraturan walikota tentang PPBD Kota Mojokerto di ruang sidang dewan.

Ketika hearing berlangsung, tim perumus yang menyodorkan penghapusan kuota PPBD sempat ngotot hingga memantik reaksi keras anggota dewan.

"Butir draf perwali terkait kuota masih tetap sama seperti yang disodorkan saat hearing 24 Maret lalu. Soal ini Komisi III menolak. Harus tetap ada kuota. Ini harga mati," tandas Ketua Komisi III, Junaidi Malik, Sabtu (2/5/2015).

Menurut Junaidi Malik, jika PPDB online dibuka tanpa kuota, sangat berpotensi menyumbat kesempatan warga kota menikmati pendidikan murah. Sekaligus mengesampingkan semangat otonomi daerah.

“Kecuali urusan luar negeri, moneter, peradilan, keamanan dan agama, pemerintah pusat menyerahkan persoalan pendidikan ke pemerintah daerah. Ini yang harus didalami sebelum menggulirkan penghapusan kuota yang berpotensi mengebiri hak warga kota,” ujarnya.
Dijelaskan Junaidi, PPDB 2014 dengan kuota 10 persen untuk warga luar kota saja berbuah ketidakberesan dan amburadul. Apalagi dengan penghapusan kuota.

"Kalau ngotot tanpa kuota, bisa jadi warga kota jadi penonton karena kalah berkompetisi dengan masyarat luar Kota Mojokerto," katanya.

Sementara itu, Kepal Dinas (Kadis) P dan K, Hariyanto, menyatakan akan meneruskan usulan dewan ke wali kota. “Saya akan sampaikan semua hasil hearing ke wali kota,” katanya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Tags
PPDB
Penulis: Anas Miftakhudin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help