Berita Magetan

Ada Penambangan Liar, Lha Kok Warga Dimintai Uang Perbaikan Jalan

Warga Dusun Widoro, tambah Teguh, tidak berani menolak, meski dibelakang mengeluh, apalagi yang menarik pamong (perangkat) desa.

Ada Penambangan Liar, Lha Kok Warga Dimintai Uang Perbaikan Jalan
SURYA.co.id/Doni Prasetyo
Penambangan liar di Dusun Widoro, Desa Buluharjo, Kabupaten Magetan 

SURYA.co.id | MAGETAN - Warga Dusun Widoro, Desa Buluharjo, Kabupaten Magetan mengeluh karena dimintai uang untuk perbaikan jalan aspal milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan yang dirusak penambang liar setempat.

Apalagi penarikan uang itu dimotori perangkat desa setempat yang menjadi bos penggalian liar itu.

"Semua warga disini semua dimintai uang katanya untuk memperbaiki jalan aspal rusak karena dilewati dump truk yang melebihi kapasitas angkut itu," kata Teguh, warga Dusun Widoro, Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan kepada SURYA.co.id, Sabtu (2/5/2015).

Menurutnya, iuran paksa itu tanpa ada tanda terima maupun catatan.

"Penarikan uang itu tanpa melalui rapat dan persetujuan warga sebelumnya. Begitu juga pertanggungjawaban uang tarikan itu juga tidak jelas,"kata Teguh.

Warga Dusun Widoro, tambah Teguh, tidak berani menolak, meski dibelakang mengeluh, apalagi yang menarik pamong (perangkat) desa.

Dikatakan Teguh, warga sebenarnya resah dengan usaha penambangan liar dikelola perangkat desa dan orang yang mengaku dari LSM teman para petinggi pejabat Magetan ini.

Seperti diberitakan Surya, penambangan galian liar di Dusun Widoro, Desa Buluharjo yang pernah longsor dan ditutup polisi itu hanya berhenti sepekan, kemudian beroperasi kembali. (Baca : Polisi Magetan Biarkan Perangkat Desa Pimpin Penambangan Liar)

Malahan belakangan lokasi penambangan itu juga digunakan sebagai arena perjudian bos- bos galian dengan taruhan ratusan ribu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Magetan Chanif Triwahyudi yang dikonfirmasi akan melakukan investigasi dan akan menindak sesuai peraturan yang berlaku.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved