Berita Sidoarjo

Sudah Dibentak Bupati, Bantuan Korban Puting Beliung Terganjal Pula

#SIDOARJO - Kini, nasib para korban bencana alam di dusun itu ternyata juga terkatung-katung. Mereka tak segera mendapat bantuan.

Sudah Dibentak Bupati, Bantuan Korban Puting Beliung Terganjal Pula
surya/miftah faridl
Bupati Sidoarjo Saiful Illah saat mengunjungi korban bencana puting beliung di Dusun Bangunsari, Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon. 

SURYA.co.id - SURYA - Warga Dusun Bangunsari, Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur pasti belum bisa lupa insiden Bupati Saiful Illah yang menghardik sekasar ini: Ojo kakehan cocot yang berarti jangan terlalu banyak bicara.

Saat itu, warga yang baru saja mendapat musibah puting beliung didatangi rombongan bupati. Kesempatan itu dimanfaatkan warga untuk protes soal kondisi jalan menuju dusun itu yang bertahun-tahun tidak diaspal. Namun, reaksi bupati yang murka benar-benar di luar dugaan warga.

Kini, nasib para korban bencana alam di dusun itu ternyata juga terkatung-katung. Mereka tak segera mendapat bantuan dari pemerintah daerah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dwijo Prawito mengakui, keterlambatan pencairan bantuan bagi korban bencana puting beliung di Dusun Bangunsari itu.

"Iya sempat ada masalah administrasi. Warga di sana mendata para korban pakai nama panggilan. Nah, bank kan tidak mau kalau tidak nama sesuai KTP. Ya by name by address," ujar Dwijo, Rabu (22/4/2015).

Menurut dia, Pemkab melalui BPBD mengalokasikan dana Rp 158 juta yang dibagikan antara Rp 1 juta sampai Rp 30 juta untuk para korban. Nilai bantuan disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

"Prosesnya selesai dan tinggal pencairan. Harusnya Senin (20/4) lalu cair. Tapi kok sampai sekarang belum. Tapi Insya Allah dalam waktu dekat pasti cair, kok," kata mantan Kepala Dinas Cipta Karya itu.

Diberitakan sebelumnya, hampir dua minggu berlalu pasca diterjang angin puting beliung, sekitar 66 warga di Dusun Bangunsari, Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon belum menerima bantuan yang dijanjikan Pemkab Sidoarjo. Warga hanya bisa menunggu janji itu terealisasi.

BERITA TERKAIT: Bupati Sidoarjo Tega Bentak Orang Miskin Korban Puting Beliung

Penulis: Miftah Faridl
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved