Berita Sidoarjo

Dinas Tenaga Kerja : Sita Ijazah, Bisa Dilaporkan Pidana!

Tugas kami adalah memediasi dua belah pihak. Lha kalau mediasi kedua ini tidak datang, ya kami akan bikin surat rekomendasi.

Dinas Tenaga Kerja : Sita Ijazah, Bisa Dilaporkan Pidana!
surya/miftah faridl
Parlin menunjukkan surat panggilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (22/4/2015). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kabupaten Sidoarjo, Joko Sayono, menyayangkan ketidakhadiran pihak CV Putera Remaja dalam proses klarifkasi dan mediasi dengan empat mantan karyawannya, Rabu (22/4/2015).

Padahal, klarifikasi ini penting karena dugaan pelanggaran yang dilakukan perusahaan tersebut tergolong berat.

“Menahan atau menyita ijazah itu sangat dilarang. Sanksinya berat bahkan bisa berimbas pada hukum pidana,” ujar Joko ketika ditemui di kantornya.

Dia menjelaskan, ijazah adalah dokumen negara sehingga perlakuan terhadap dokumen ini tidak bisa serta merta. Menyita ijazah termasuk dalam kategori pelanggaran.

“Dari awal saya sudah katakan, juga diatur dalam peraturan bupati. Kalau sampai ada perusahaan yang menyita ijazah karyawannya, itu pelanggaran,” kata dia.

Dua kali CV Putera Remaja diundang. Pada mediasi pertama 15 Februari lalu, pihak perusahaan datang diwakili pengacaranya.

Sedangkan mediasi kedua Rabui (22/4/2015), pihak perusahaan tidak datang tanpa alasan yang jelas.

“Jadi apa yang ditempuh Pak Parlin (orang tua Octadyla Sihotang mantan karyawan CV Putera Remaja) sudah benar. Tugas kami adalah memediasi dua belah pihak. Lha kalau mediasi kedua ini tidak datang, ya kami akan bikin surat rekomendasi. Pihak Pak Parlin bisa lapor polisi,” kata Joko.

Diberitakan sebelumnya, lebih dari 1 tahun ijazah putri Parlin Sihotang ditahan bekas perusahaan tempat anaknya bekerja.

Berbagai upaya sudah dilakukan, namun hasilnya nihil. Ijazah S1 milik Octandyla Sihotang tidak pernah kembali.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Miftah Faridl
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help