Berita Gresik

Saluran Air dari 2 Perumahan di Gresik Meluber ke Jalan

Hujan deras yang hampir seharian mengguyur Kota Gresik dan sekitarnya mengakibatkan genangan air di Jl KH Syafii, Desa Suci, Kecamatan Manyar.

Saluran Air dari 2 Perumahan di Gresik Meluber ke Jalan
SURYA.co.id - Mochammad Sugiyono
TERGENANG – Jl KH Syafi’i, Kecamatan Manyar, Gresik, tergenang air luberan dari saluran air saat hujan deras seharian di Kota Gresik, Selasa (7/4/2015). 

SURYA.co.id I GRESIK – Hujan deras yang hampir seharian mengguyur Kota Gresik dan sekitarnya mengakibatkan genangan air di Jl KH Syafii, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (7/4/2/2015).

Genangan air terparah di depan Perumahan Pondok Permata Suci sampai Perumahan Griya Suci Permai (GSP). Ketinggian air sekitar 15 Cm sepanjang 100 meter, sehingga pengguna jalan harus hati-hati dan mengurangi kecepatannnya.

“Jalan ini sering tergenang air saat terjadi hujan lebat sebab saluran air tidak mampu menampung air,” kata Suprayitno, warga Perumahan PPS saat melihat arus air yang menggenangi jalan pintu masuk perumahan PPS.

Suprayitno menambahkan luberan air dari perumahan tidak mampu ditampung di saluran air sehingga meluber ke jalan raya. Kemudian saluran air di samping kiri dan kanan jalan juga sudah penuh sehingga semua air meluber ke jalan raya kemudian baru mengalir ke daerah yang rendah tanpa saluran air yang jelas.

Walaupun tidak banyak motor yang mogok tapi tetap ada beberapa pengendara motor yang menuntun motornya karena takut terperosok di tepi jalan raya karena berlubang dan tergerus air. “Takut tergelincir dan nabrak lubang jalan. Terpaksa turun,” kata warga Duduksampean yang mengaku setiap hari berangkat dan pulang kerja melintas di Jl KH Syafi’i, Desa Suci, Kecamatan Manyar.

Selain tertutup air, Jl KH Syafi’i, tersebut juga kurang lebar. Lebarnya hanya 4 meter, sehingga hanya cukup untuk mobil searah dan saat ada dua mobil yang berlawanan salah satu mobil harus berhenti. Dampaknya pengendara motor juga ikut berhenti.

Jl KH Syafi’i, Kecamatan Manyar Gresik selama ini menjadi jalan utama bagi pengguna jalan dari Jl Pantura Deandels, menuju Terminal Bunder. Selain itu, banyak pekerja yang melintas jalan tersebut. Lebih parahnya lagi, banyak lubang jalan di Jl KH Syafii, sehingga saat tertutup genangan air sangat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Selama ini, Pemkab Gresik hanya membangun Jl KH Syafi’i, Kecamatan Manyar, Gresik, dibagian ujung, yaitu hanya membangun di Pertigaan Tenger dan Pertigaan Bunder sepanjang 500 meter sampai satu kilometer.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gresik Bambang Isdianto, berjanji akan segera melebarkan dan meninggikan Jl KH Syafi’i, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. “Rencana ada peningkatan jalan dan sekarang masih akan lelang,” kata Bambang melalui telepon selulernya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved