Pilgub Jatim

Gus Ipul Ingin Halim Iskandar Tidak Tergoda Kursi Gubernur

"Saya minta istikomah, tetap di legislatif, tidak tergoda ‘nyalon’ gubernur,” seloroh Gus Ipul disambut tawa.

Gus Ipul Ingin Halim Iskandar Tidak Tergoda Kursi Gubernur
SURYA.co.id - Sutono
Dari kiri ke kanan: Menteri Marwan Jafar, Rois Syuriah PWNU Jatim KH Miftakhul Akhyar, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar dan Wagub Saifullah Yusuf, di makam pendiri NU KH Bisri Syansuri di Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang. 

SURYA co.id | JOMBANG - Ada yang menggelitik saat Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberikan sambutan pada pembukaan Bahtsul Masail yang digelar PWNU Jatim di Pondok Pesantren Mambaul Maarif (PPMM) Denanyar, Jombang, Sabtu (4/4/2015) sore.

Ipul yang diprediksi pada periode depan bakal mencalonkan diri sebagai gubernur Jatim tersebut, meminta kepada Ketua DPRD Jatim HA Halim Iskandar untuk tidak tergoda mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jatim.

“Gus Halim sudah pas di legislatif, karena ahlinya. Beliau dua periode menjadi Ketua DPRD Jombang, lalu satu periode Wakil Ketua DPRD Jatim. Dan kini naik jadi Ketua DPRD Jatim. Jadi saya minta istikomah, tetap di legislatif, tidak tergoda ‘nyalon’ gubernur,” seloroh Gus Ipul.

Tentu saja, perkataan ini disambut tawa ratusan undangan yang memenuhi aula PPMM. Halim sendiri hanya senyum-senyum saja, menanggapi perkataan Ipul yang dilontarkan dengan setengah bercanda.

Gus Ipul dan Halim sendiri sama-sama keponakan mantan Presiden KH Abdurrahman (Gus Dur). Keduanya bersaudara sepupu, dan semasa kanak-kanak sama-sama pernah mondok di PPMM.

‘Candaan’ Gus Ipul sendiri bermula ketika dia bercerita tentang kondisi Jatim yang berbeda dengan DKI Jakarta. Menurutnya, kondisi Jatim dan DKI bertolak belakang.

“Di DKI gubernur dan DPRD-nya berantem, tapi di Jatim tidak seperti itu. Ini karena ketuanya, Gus Halim ini, sangat paham dengan tugas legislatif. Tak hanya paham di luarnya, tapi sampai detil beliau paham, dan menguasi persoalan,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul secara bercanda lantas menyatakan, karena sudah paham betul dan ahli di legislatif itu, dia meminta Gus Halim istikomah. “Saya minta istikomah, tetap di legislatif, tidak tergoda ‘nyalon’ gubernur,” kata Gus Ipul.

Pembukaan Bahtsul Masail di Denanyar itu selain dihadiri Gus Ipul, juga tampak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, serta Rois Syuriah PWNU KH Miftakhul Akhyar.

Bahtsul Masail bakal berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (4-5/2015). Usai mengikuti pembukaan, mereka berziarah di makam salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri, di pondok setempat.

Penulis: Sutono
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help