Mari Menulis Film

semua orang suka film yang bisa dihabiskan dalam sekali duduk... nah, mulailah menulis dari apa yang kamu suka....

Mari Menulis Film
Stebby Julionatan

Stebby Julionatan
Founder Komunitas Menulis Probolinggo
@sjulionatan

JUMAT (20/2/2015), untuk pertama kalinya Komunitas Menulis (Komunlis) menggelar pelatihan menulis resensi film yang merupakan bagian dari agenda bulanan Komunlis, Pengajian Sastra dengan pemateri pendiri Komunlis sendiri, Stebby Julionatan.

 

Tidak seperti buku, semua orang suka film yang bisa dihabiskan dengan sekali duduk, dua jam saja. Itu sebabnya kenapa merangsang minat literasi, khususnya menulis, dimulai dari sesuatu yang disukai terlebih dulu. Komunitas yang berdiri Juli 2010 di Probolinggo ini mulai menebarkan semangat literasi di kawasan tapal kuda seperti Pasuruan, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso. Bahkan sampai Surabaya.

 

Tujuan menulis resensi film tentu saja untuk membantu pembaca mengetahui gambaran umum karya, mengetahui kelebihan dan kelemahannya, latar belakang atau alasan karya tersebut dibuat dan menguji kualitasnya. Sehingga, hal yang bisanya dibahas dalam resensi adalah alur cerita, karakter tokoh-tokohnya, sutradara, skenario, editing dan tata artistik. Serta ditutup dengan kenapa film tersebut patut ditonton.

 

Trik mudah untuk menulis resensi film memang perlu disiapkan. Seperti, sebelum menonton film perlu membawa notes untuk menulis quote-quote indah dan membaca sinopsis film yang akan kita tonton. Ingat, redaktur juga manusia,  mereka suka dengan kata-kata yang indah. Salah satu tipnya, mulailah dengan mengutip kata-kata indah dari film tersebut.

 

Sementara redaktur sebuah koran lokal, Rifqi Riva Amalia, berbagi pengalaman, untuk mendidik wartawan agar mereka cepat jadi adalah dengan melakukan kloning. Mencontoh berita atau tulisan yang sudah jadi dan melakukan pengkloningan. Tinggal disesuaikan dengan bahan atau materi yang akan ditulis, ungkap Rifqi.

 


 

 

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved