Tercenung di Pantai Bengkung

Malang selatan memang surga pantai luar biasa... Pantai Bengkung adalah salah satunya yang sumpah membuat saya tercenung kagum...

Tercenung di Pantai Bengkung
Ainun Umami

Ainun Umami
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

DECAK kagum tak henti-hentinya terucap begitu pandang menyimak lukisan Tuhan di Malang selatan ini. Pantai Bengkung, masuk wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.  bisa ditempuh sekitar 3 jam dari jatung Kota Malang ini memang tampak jauh bahkan sedikit melelahkan. Tetapi, semua rasa penat dan lelah terbayar tuntas saat melihat pemandangan elok di sana. 

 

Pantai Bengkung pun tidak begitu luas seperti pantai Bajul Mati yang letaknya saling bersisihan di Malang selatan ini. Bedanya, pantai Bengkung tak sekadar pantai biasa. Ia memiliki kolam renang alami, bentuknya memanjang seperti sungai yang dibatasi karang dan gumukan pasir pantai yang kokoh. Alhasil pantai Bengkung mirip kolam renang ala waterpark dengan air berwarna hijau kebiru-biruan yang memberikan kesan  bersih alami dan segar. 

 

Setiap mata memandang pasti ingin segera menjeburkan diri berenang di sana. Apalagi dasar kolam bisa terlihat dan tidak terlalu dalam, ini menunjukkan betapa bening air di pantai Bengkung ini. Keindahan pantai mungil ini semakin menawan karena diapit oleh karang yang besar. Sepintas melihatnya akan membawa ingatan pada Tanah Lot, di Bali.

 

Tidak cukup sampai di situ, mata akan berbinar-binar saat melihat kerang-kerang cantik yang bertaburan di hamparan padang pasir pantai  Bengkung. Hamparan pasir ini letaknya tidak sama dengan garis pantai. Lebih tepatnya berada di samping pantai yang terhalangi beberapa pohon serta karang kokoh. Meskipun begitu tetap dalam satu area kawasan wisata pantai Bengkung.

 

Untuk mendapatkan kerang-kerang yang cantik harus menuruni gundukan pasir dahulu kemudian berjalan di hamparan pasir pantai, di sinilah kerang-kerang unik itu bersembunyi. Pada bagian bibir pasir terdapat air laut yang menggenang berwarna hijau, airnya dangkal. Banyak terumbu karang kecil dan juga beberapa kerang serta kulit landak yang telah mati.

 

Air yang menggenang ini lebih tenang dan tidak ada ombak yang membentur karang-karang besar sehingga aman untuk mencari kerang yang berada di sela-sela terumbu karang. Tertarik? Jadwalkan segera kunjungan ke pantai Bengkung yang memang laik kunjung ini.

 

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved