Menristekdikti Siap Produksi Pil KB Pria

Selain Unair, ada juga hasil riset komponen pesawat buatan anak negeri yang coba diakui oleh Jerman. Kita upayakan itu agar jangan sampai lepas

SURYA Online, SURABAYA - Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Nasir berjanji akan mengoptimalkan pemanfaatan riset perguruan tinggi. Hal ini disampaikan Nasir saat menghadiri wisuda Universitas Sunan Giri di Islamic Centre, Surabaya, Sabtu (22/11/2014).

“Para rektor PTN dan PTS di seluruh Indonesia sudah saya panggil di Jakarta untuk berkoordinasi masalah ini. Terutama mewadahi karya inovasi perguruan tinggi yang layak diproduksi secara massal,” tutur mantan Rektor Universitas Diponegoro, Semarang itu.

Kementerian akan memfasilitasi untuk mencarikan perusahaan maupun pengusaha yang cocok dengan riset maupun inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi dan
menjanjikan mahasiswa atau dosen pencipta produk itu akan mendapatkan royalti untuk setiap karya yang diproduksi.

Selain menguntungkan dosen dan mahasiswa, hal itu juga memacu perguruan tinggi lain untuk berkarya dan berinovasi. Nasir juga berjanji memudahkan proses paten karya tersebut.

Kementerian juga tidak ragu untuk menyiapkan dana yang besar untuk mendorong riset tersebut. Untuk itu, segera dibentuk Direktorat Jenderal Pembelajaran Mahasiswa dan Penjaminan Mutu sehingga pembiayaan untuk riset mahasiswa akan mudah untuk digulirkan.

Salah satu hasil penelitian yang akan ditindaklanjuti adalah riset KB untuk pria yang kini ditekuni oleh Universitas Airlangga (Unair). Hasil riset ini akan diproduksi di dalam negeri dan dikomersialkan secara massif.

Untuk diketahui, pil KB pria penemuan Unair ini tidak mengandung efek samping sama sekali, karena dari bahan alami, bahkan sangat berguna bagi masyarakat terkait baby booming yang melanda Indonesia akibat program KB yang terabaikan.

Pil KB pria hasil riset Unair ini dibuat dari tumbuhan Gendarusa (Justicia Gendarussa Burm.f). Sayangnya, sejauh ini Pemerintah belum meliriknya. Padahal Tiongkok dan Amerika, mengincar untuk memproduk pil KB pria ini secara massif untuk dikomersilkan.

Namun, pihak Unair tetap bertahan dengan harapan bisa diprosuksi di dalam negeri.
Nasir menambahkan, tidak hanya Unair, hasil riset seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan difasilitasi. "Selain Unair, ada juga hasil riset komponen pesawat buatan anak negeri yang coba diakui oleh Jerman. Kita upayakan itu agar jangan sampai lepas," ucapnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
Pil KB
Penulis: Musahadah
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help