MotoGP

Meski Urutan Dua, Marquez Tetap Juara Dunia

Pebalap Spanyol itu musim ini mengumpulkan 312 poin dan Rossi serta Pedrosa 230. Lorenzo di urutan keempat terpaut tiga poin.

Meski Urutan Dua, Marquez Tetap Juara Dunia
Getty Images
Marc Marquez 

SURYA Online, TOKYO -  Pebalap Spanyol Marc Marquez mempertahankan gelar juara dunia MotoGP setelah berada di urutan kedua di atas Honda pada kejuaraan MotoGP di kandang Honda di Sirkuit Motegi pada Grand Prix Jepang, Minggu (12/10/2014).
    
Pebalap berusia 21 tahun itu memperkuat kedudukan puncak klasemen di atas posisi kedua pebalap dari Italia Valentino Rossi di Yamaha sedangkan teman setim dan rekan senegaranya Dani Pedrosa terpaut 82 poin dengan sisa lomba tiga putaran lagi.  
    
Pebalap dua kali juara dunia Jorge Lorenzo yang memacu Yamaha memenangi lomba itu dengan keunggulan 1,638 detik di depan Marquez, yang menyalip Rossi pada delapan putaran terakhir dan menahan pebalap Italia itu untuk meraih gelar juara. Pedrosa finis di urutan keempat.  
    
Pebalap Katalan, Marquez, kini sudah mengantongi empat gelar juara dunia dalam lima tahun ini. Ia memenangi kelas 125cc pada 2010, juara Moto2 pada 2012, dan sisanya juara MotoGP.  
    
Berada di lini keempat di belakang Rossi dan Pedrosa, pebalap Honda itu mengawali laga dengan menakjubkan dan berhasil mengambil alih posisi pebalap Yamaha Pol Espargaro, Pedrosa, dan Andrea Iannone dari Pramac Racing pada putaran pembuka dan semakin dekat dengan grup pebalap di depannya.  
    
Ia kemudian melewati pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang membalap dari posisi pole, kemudian melewati Rossi pada usahanya yang kedua dan berada di urutan kedua.  
    
Rossi berusaha keras mempertahankan kedudukannya dan mengejar lagi ke depan, tapi Marquez terlalu cepat untuk dikejar.  
    
Marquez, yang tahun lalu tampil sebagai pebalap termuda sebagai juara dunia MotoGP dalam usianya 20 tahun, berhenti di depan tribun penonton untuk merayakan kemenangannya, disambut seremoni samurai yang dibawakan dua wanita berbusana kimono.  
    
Ia mengibaskan samurai itu di atas kepalanya ke arah penonton sebelum mengembalikannya kepada Si Samurai, kemudian berkeliling satu putaran sebagai penghormatan kepada penonton.  
    
Pebalap Spanyol itu musim ini mengumpulkan 312 poin dan Rossi serta Pedrosa 230. Lorenzo di urutan keempat terpaut tiga poin. Pemenang lomba itu mendapat angka 25 poin.

Baca selengkapnya di Harian Surya  edisi BESOK. Simak kelanjutan beritanya di www.surya.co.id FOLLOW Twitter @portalsurya dan LIKE Pages Facebook: www.facebook.com/suryaonline.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved