Liputan Khusus Stem Cell

Persiapan Produksi Stem Cell Secara Massal Tuntas

Produk ini perlu perlakuan khusus karena hanya berumur dua jam setelah dilepas. Artinya, pemakaian harus dilakukan sesegera mungkin.

Persiapan Produksi Stem Cell Secara Massal Tuntas
surya/miftah faridl
Prof Fedik Abdul Rantam (kanan) bersama pejabat ITD Universitas Airlangga menunjukkan proses pengolahan sampel yang dijadikan bahan baku stem cell di laboratorium ITD, Selasa (16/9/2014). 

SURYA Online, SURABAYA - Tuntas sudah persiapan untuk produksi massal stem cell, sebuha formula baru untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk barisan penyakit yang selama ini dikenal tanpa harapan sembuh, macam diabetes mellitus (kencing manis), leukimia (kanker darah), stroke, jantung dan lain-lain.

Tuntasnya persiapan itu ditandai dengan dilakukannya penandatangan tahap kedua, antara Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga.dengan PT Kimia Farma (KF), Kamis (18/9/2014).

Untuk kepentingan produksi massal Kimia Farma menyiapkan investasi Rp 11 miliar.

Penandatangan tahap dua ini intinya sepakat melakukan produksi massal sekaligus memasarkannya secara umum  tahun 2015.

“Lewat penandatangan ini agreement sudah ke hal teknis,” ujar Verdi Budidarmono, GM Business and Development  PT Kimia Farma usai penandatanganan.

PT Kimia Farma yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menjadi investor. Sedangkan ITD UA selaku penemu sekaligus pelaksana  produksi massal.

Sebelumnya, Kimia Farma melakukan kerjasama dengan lembaga pimpinan Prof DR dr Nusronudin tersebut dalam bentuk riset-riset stem cell sejak tahun 2008 silam.

Pemasaran dan pendistribusian produk para putra bangsa ini, sepenuhnya akan dilakukan Kimia Farma.

Bukan tidak mungkin, produk stem cell bisa dibeli di outlet Kimia Farma.

Terkait investasi Rp 11 miliar, kata Verdi,  Rp 4,5 miliar diantaranya diwujudkan renovasi tempat dan pengadaan alat.

Halaman
123
Tags
stem cell
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help