Jatim Runner Up Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA

Jason bersama kontingen tingkat SMA Jatim berhasil mempersembahkan gelar runner up atau juara umum kedua nasional.

SURYA Online, SURABAYA - Raut muka Jason Hartanto tampak sumringah saat menghadiri undangan di kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Senin (16/9/2014).

Siswa SMAN 1 SIdoarjo ini baru saja mengharumkan nama Jatim di ajang Olimpiade Siswa Nasional (OSN) yang berlangsung di Mataram, NTB 1 - 7 September 2014 lalu.

Jason bersama kontingen tingkat SMA Jatim berhasil mempersembahkan gelar runner up atau juara umum kedua nasional.

Jason dan 32 anggota kontingen SMA diundang di kantor Dindik Jatim untuk menerima apresiasi dari Kepala Dindik Jatim Harun.

Di ajang yang sudah digelar Kemendikbud kali ke-13 ini, Jason meraih medali emas bidang kebumian. Ini emas pertama setelah tahun lalu, dia juga mengikuti OSN di bidang yang sama.

Diakui Jason, sebelum dinyatakan menang, dia harus bersaing dengan puluhan peserta dari propinsi lainnya. Ada 50 soal pilihan ganda dengan sub materi geologi, meteorology, oseanografi dan astronomi yang harus diselesaikan. Selain itu juga ada lima soal esay serta soal peraga.

Pada hari berikutnya, dia juga diajak menuju pantai Kuta, Lombok untuk mengidentifikasi jenis-jenis batu di lokasi tersebut.

"Jadi 60 persen olimpiade bidang ini mengasah kemampuan teori. 40 persen lainnya menguji wawasan aplikatif," kata Jason.

Langkah menuju juara ini dilaluinya dengan kerja keras.  Di sekolah, dia dibimbing mahasiswa jurusan geofisika Universitas Brawijaya, Malang. Dia juga berkunjung ke salah satu laboratorium miliki Universitas Gajah Mada (UGM) untuk belajar mengenai jenis bebatuan.

Dan, dua bulan menjelang OSN, Jason digembleng sembilan hari oleh Dindik Jatim. Saat itu dindik mendatangkan  tutor Erick Institut dan para pemenang OSN sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved