Nikmatnya Stick Wortel

Pelatihan berikutnya adalah pembuatan kerajinan berbahan dasar sabun, dilanjutkan pengepakan produk olahan.

Nikmatnya Stick Wortel
surya/iksan fauzi
WIRAUSAHA - Dua pegawai Plut memperlihatkan stik wortel hasil pelatihan, Kamis (11/9/2014).

SURYA Online, BATU - Beragam makanan olahan bisa dibuat menggunakan bahan dasar sayur mayur, termasuk makanan ringan stik. Kamis (11/9/2014), 25 warga Kota Batu, laki-laki maupun perempuan belajar membuat stik berbahan dasar wortel di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) Jl Abdul Gani Atas.

Para peserta antusias mengikuti paparan materi dari praktisi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Tiga Pertama sebelum praktek. Setelah mendapat paparan itu, peserta diberi kesempatan membuat stik dengan bahan yang sudah disediakan.

Menurut Koordinator Plut, Harijadi Agung S, pihaknya memberikan pelatihan berbahan dasar sayur mayur karena Kota Batu memiliki potensi pertanian penghasil sayuran. Sayur itu dimaksudkan juga untuk meningkatkan gizi.

“Kami sudah melakukan pelatihan seperti ini tujuh kali dengan materi berbeda-beda. Sebelumnya ada ada pembukuan, manajerial, menentukan harga pokok produksi, memisahkan uang usaha dan keluarga. Sedangkan tadi pengolahan,” ujarnya saat ditemui di Gedung Plut.

Hingga saat ini, jumlah mitra binaan Plut sebanyak 100 orang. Pelatihan itu dilakukan secara cuma-cuma demi meningkatkan jiwa usaha di kalangan warga Batu. Bagi warga yang ingin mengikuti pelatihan, kata Harijadi, mereka diminta mendaftar di Gedung Plut, ada formulir yang harus diisi.

“Rencana ke depan, Plut akan memfasilitasi warga ke sumber modal, seperti modal dari CSR (Corporate Social Responsibility) dari BUMN, Telkom, maupun Angkasa Pura. Model pinjamannya nanti lunak dengan bunga 0,6 persen per bulan,” paparnya.

Pelatihan berikutnya adalah pembuatan kerajinan berbahan dasar sabun, dilanjutkan pengepakan produk olahan.

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved