Dua Hari untuk Buat Helm Stik Es Krim

Belakangan dia tertarik memberi tambahan asesoris tiga dimensi di sisi luar helm dengan bahan stik es krim juga, seperti bentuk sebuah miniatur gitar.

Dua Hari untuk Buat Helm Stik Es Krim
surya/dyan rekohadi
INOVATIF - Helm stik es krim dengan tambahan asesoris bentuk gitar tiga dimensi di bagian belakang helm. 

SURYA Online, SURABAYA - Untuk membuat sebuah helm stik es krim, Juni Arthur hanya membutuhkan waktu maksimal sekitar dua hari. Ia hanya membutuhkan waktu singkat karena semua pola dan cara pembuatan sudah menempel kuat di kepalanya.

“Kalau motifnya baru, membutuhkan waktu sekitar dua harian sampai finishing, tapi kalau pakai motif yang sudah saya buat sebelumnya ya bisa lebih cepat, karena saya sudah hafal,” ujar Arthur, Selasa (9/9/2014) sore.

Ia memaparkan, proses pembuatan helem stik kayu itu hanya melalui tiga tahapan utama. Tahap pertama membersihkan helm dan stik es krim yang akan digunakan. Berikutnya proses pengerjaan pemasangan atau penempelan stik es krim. Yang terakhir proses finishing dengan meberikan perlindungan bagi hasil akhir yang didapat supaya kualitasnya tahan lama dan terlihat mengkilap.

Belakangan dia tertarik memberi tambahan asesoris tiga dimensi di sisi luar helm dengan bahan stik es krim juga, seperti bentuk sebuah miniatur gitar. “Saya inginnya ada yang beda, kalau hanya buat empelan stik es krim saja polos kurang menarik, saya beri tambahan bentuk seperti gitar, bunga atau yang lain yang cocok dengan karakter kayu stik es krim yang identik dengan seni dan batik,” tambahnya.

Untuk pembuatan sebuah helm stik es krim setidaknya dibutuhkan satu bungkus stik es krim yang isinya antara 500 sampai 1.000 biji. Sementara helm stik es krim yang sudah jadi bisa ia lepas ke konsumen dengan harga Rp 400.000.

Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved