Surya/

Premier League

Kesulitan Redam Agresivitas Tuan Rumah, MU Ditahan Imbang Sunderland 1-1

MU memang mengalami kesulitan menghadapi tuan rumah yang tampil agresif sejak menit awal.

Kesulitan Redam Agresivitas Tuan Rumah, MU Ditahan Imbang Sunderland 1-1
Kompas.com
Gelandang Sunderland, Jack Rodwell (kanan) mencetak gol ke gawang Manchester United pada laga Premier League, di Stadium of Light, Minggu (24/8/2014). 

SURYA Online, SUNDERLAND - Manchester United bermain imbang 1-1 dengan Sunderland, pada laga Premier League, di Stadium of Light, Sunderland, Minggu (24/8/2014). Dengan hasil itu, MU baru mengoleksi nilai 1 dari dua laga. Sebelumnya, mereka kalah 1-2 dari Swansea City.

Rekor itu lebih buruk dibanding musim lalu. Pada dua laga perdana Premier League musim lalu, MU meraih nilai empat, hasil kemenangan 4-1 atas Swansea dan imbang 0-0 dengan Chelsea. Saat itu, MU ditangani David Moyes.

Melawan Sunderland, MU unggul lewat Juan Mata pada menit ke-17. Gol berawal dari pergerakan Antonio Valencia di sayap kanan. Setelah mengecoh Patrick Van Aanholt, Valencia melepaskan umpan silang datar. Mata yang tidak terkawal menggunakan kaki kirinya untuk menyontek bola ke sudut kanan bawah gawang.

Sunderland menyamakan kedudukan melalui Jack Rodwell pada menit ke-30. Dengan kepalanya, ia meloloskam bola kiriman Sebastian Larsson dari tengah kotak penalti ke sudut kiri bawah gawang.

MU memang mengalami kesulitan menghadapi tuan rumah yang tampil agresif sejak menit awal. Mereka tertekan dan beberapa kali terancam oleh tembakan-tembakan tuan rumah.  Berkat serangan balik yang dibangun Valencia, MU berhasil unggul melalui Juan Mata pada menit ke-17. Gol itu tercipta tak lama setelah tembakan  Connor Wickham diantisipasi David De Gea.

Namun, MU gagal memanfaatkan momentum itu untuk menekan tuan rumah. Sunderland tidak kehilangan fokus dan mampu membuat MU tetap kesulitan mengembangkan permainan. MU bahkan belum menciptakan peluang baru, ketika Sunderland mendapatkan gol dari Rodwell.

Setelahnya, permainan tak banyak berubah. MU tak kunjung mendapatkan ide merusak permainan Sunderland, sementara Sunderland mampu menjaga level performa mereka tetap tinggi. Kedua kubu bertukar serangan, tetapi skor 1-1 tak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua, Sunderland kembali mengambil inisiatif menyerang. Mereka semakin sering masuk kotak penalti MU dan menciptakan peluang. Namun, penyelesaian akhir yang kurang terukur membuat usaha mereka tak membuahkan gol.

MU menunjukkan perbaikan performa setelah menit ke-70. Juan Mata dan Wayne Rooney menjadi motor serangan MU, yang berujung tembakan akurat dari Michael Keane pada menit ke-71. Namun, tembakan itu kandas di tangan Vito Mannone.

MU berusaha mempertahankan tekanan, tetapi Sunderland segera memperbaiki koordinasi permainan di lini tengah yang membuat alur serangan MU sering kandas di tengah jalan.

Permainan menjadi semakin terbuka setelah menit ke-80. Kedua kubu beberapa kali bertukar serangan, tetapi Vito Mannone dan De Gea membuat angka 1-1 di papan skor tak berubah hingga peluit berbunyi panjang. Setelah De Gea menjinakkan tembakan Patrick van Aanholt pada menit ke-82, Mannone mengantisipasi tembakan Ashley Young, pada menit ke-89.

Menurut catatan Premier League, sepanjang pertandingan itu, MU melepaskan tiga tembakan akurat dari tujuh usaha, sementara Sunderland melepaskan tiga tembakan akurat dari sembilan percobaan. Sebagian besar peluang yang diciptakan MU merupakan hasil tembakan jarak jauh.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help