Aplikasi bagi Heritage Surabaya Diluncurkan

Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) atau Indonesian Heritage Trust, meluncurkan aplikasi jelajah pusaka, iDiscover City Walks.

SURYA Online, SURABAYA - Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) atau Indonesian Heritage Trust, meluncurkan aplikasi jelajah pusaka, iDiscover City Walks, Kamis (21/8/2014), di Rumah Abu Han, Jl Karet 72 . Aplikasi yang digunakan pada smartphone ini sudah bisa didapat langsung secara terbuka melalui Appstore.

iDiscover City Walks merupakan hasil kerjasama BPPI dengan Urban Discovery sebagai pengembang aplikasi. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memperoleh petunjuk dari warisan budaya di Surabaya baik secara gambar, cerita hingga petunjuk peta.

Direktur Eksekutif, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, Adrian Perkasa mengatakan, peluncuran aplikasi ini merupakaan langkah baru bagi langkah pelestarian pusaka nasional.

"Ini merupakan Gerakan Pusaka Nasional untuk kesejahteraan rakyat. Sekarang kami  merambah teknologi informasi. Bisa dikatakan ini aplikasi heritage pertama kali di Indonesia," ujar Adrian di sela acara peluncuran, Kamis (21/8/2014) sore.

Ia menyebut aplikasi heritage ini mengenalkan unsur budaya, lokasi tempat dan kuliner. Aplikasi yang mengangkat heritage Surabaya masuk dalam iDiscover City Walks Java.

Dalam aplikasi ini warisan budaya di Surabaya bersanding dengan warisan budaya di kota lain, yakni Jakarta dan Yogyakarta.

Founder sekaligus Director Urban Discovery,  Ester Van Steekelenburg mengatakan aplikasi akan. Sangat membantu wisatawan, khususnya wisatawan asing yang bberkunjuung ke Surabaya. Penggunaan dua bahasa, bahasa Inggris dan Indonesia juga diharapkan bisa membantu pengguna.

"Sementara ini masih digunakan di perangkat Apple, tapi paling tidak akhir tahun ini sudah bisa digunakan di android juga," ujar Ester.

Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved