Wisata Jawa Rasa Pulau Dewata

...cukup mengunjungi Balekambang, Bantur, Malang, inilah wisata Jawa rasa pulau Dewata...

Wisata Jawa Rasa Pulau Dewata
Hengky Bimantoro

Oleh : Hengky Bimantoro
Mahasiswa PPG Universitas Negeri Malang

SERASA di Bali. Itu mungkin yang dirasakan saat berada di pantai Balekambang. Pantai indah nan spektakuler ini ada di Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, 70 km selatan Kota Malang. Dengan mobil atau motor dari kota Malang, bisa ditempuh selama 1,5-2 jam.

Balekambang memukau pandang tersebut memang tersembunyi dan merupakan salah satu deretan pantai paling memukau di Pulau Jawa. Dari jauh memang seperti pantai-pantai biasanya tetapi jika dilihat lebih dekat, pengunjung dapat melihat pura Hindu yang anggun berdiri tegap di bongkahan batu raksasa menjorok ke samudra. Nama pura megah tersebut adalah Pura Luhur Amertha Jati. Pura yang menjulang tersebut memberikan kesan pengunjung kepada pura yang ada di Tanah Lot, Bali. Yang membuat tercengang ketika pura megah tersebut berdiri di atas laut.

Kemegahan pura ini menambah daya tarik pengunjung yang sedang menikmati kemolekan pantai Balekambang. Kesamaan dari pura di Tanah Lot dan Pantai Balekambang adalah pura ini terletak menjorok ke pantai dan berdiri tegak di atas bongkahan batu besar. Pura ini juga digunakan sebagai acara keagamaan umat Hindu seperti upacara Surohan.

Selain dapat menikmati keindahan Pura Luhur Amertha Jati, pengunjung dapat menikmati hamparan butiran pasir putih sepanjang kurang lebih 2 km di pesisir sambil menyantap bekal yang dibawa. Pengunjung juga bisa mandi atau berfoto di pantai jika cuaca cerah. Jika ingin menikmati suasana Balekambang pada malam hari, pengunjung juga bisa mendirikan tenda atau menginap di cottage yang disediakan pengelola.

Banyak fasilitas lain yang dapat diberikan di pantai ini, seperti lahan parkir dan tempat ibadah untuk umat muslim. Banyak juga pedagang yang menjual barang dan souvenir bagi pengunjung yang ingin berbelanja dan membeli oleh-oleh. Hanya dengan merogoh kocek Rp 10.000 pengunjung sudah dapat menikmati keindahan dan beragam keunikan Pantai Balekambang yang khas.Wisata ini dapat menjadi pilihan utama keluarga dan kawan-kawan yang ingin menikmati kemolekan Tanah Lot tanpa harus pergi ke Bali. Ini akan menjadi kesan pengalaman yang unik pengunjung yang baru pertama datang ke wisata pantai Balekambang.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help