Buber Nusantara

Berbeda segalanya justru membuat kami terasa cair dalam buber nusantara ini...

Buber Nusantara
Sandi Iswahyudi

Oleh : Sandi Iswahyudi
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

SEPERTI puasa pada umumnya, hal yang paling mengesankan ketika seharian berpuasa adalah buka bersama (buber) bersama keluarga tercinta. Walau hanya berlangsung selama beberapa menit.

Nah suasana itu terasa saat aktivitas kelompok KKN 02 Universitas Muhammadiyah Malang periode 2014/2015 di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang berbuka puasa dengan seluruh perwakilan generasi muda dari Sabang-Merauke. Representatif keberagaman budaya, bahasa, serta lainnya berada di kelompok ini. Buber pun berlangsung seru, komunikatif, nikmat, dan menyenangkan dengan takjil khas pedesaan.

KKN kali itu mempertemukan 32 individu saling bertukar pikiran, cerita, serta pengalaman. Candaan-candaan khas terlontar membuat suasana semakin cair. Kami pun semakin mengenal satu sama lain. Kami semakin memahami bahwa perbedaan itu pasti ada dan keragaman negeri merupakan anugerah.

Keseruan, kenikmatan, dalam komunikasi intens, sungguh keberkahan yang menyenangkan. Buber nusantara sebagai pembuka program KKN 02 agar program memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved