Kemenhub Verifikasi Bandara Jember

Kegiatan verifikasi berlangsung mulai sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 di bandara Notohadinegoro.

SURYA Online, JEMBER - Petugas dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melakukan verifikasi ke Bandara Notohadinegoro Jember, Jumat (27/6/2014). Verifikasi ini merupakan verifikasi terakhir untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana di bandara itu sebelum dioperasionalkan.

M Supriadi, Koordiantor tim verifikasi, mengatakan dari hasil verifikasi bandara yang berada di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung itu sudah layak beroperasi. "Ada empat orang yang datang yakni dari subdirektorat prasarana, subdirektorat operasi dan Subdirektorat peralatan," ujar Supriadi.

Kegiatan verifikasi berlangsung mulai sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 di bandara Notohadinegoro. Sejumlah sarana yang menjadi titik perhatian adalah masalah penebalan landasan, pagar pembatas hingga landclearing di sekitar bandara. Termasuk juga pengerjaan pelebaran  tempat parkir pesawat dan taxi way.

Tim verifikasi juga mengamati tingginya landasan dengan bahu jalan usai dilakukan land clearing. Begitu juga dengan sambungan antara landasan yang lama dengan yang landasan yang baru digarap.

Tim juga melakukan pemeriksaan di peralatan yang ada di Bandara Notohadinegoro, mulai dari navigasi, sistem komunikasi, BMKG, dan sejumlah peralatan lain.

“Sudah kami verifikasi semua dan dianggap bisa dioperasionalkan," ujar Suprihadi. Tinggal nantinya dilakukan fit and proper tes atau uji kepatutan dan kelayakan yang dapat dilakukan sembari jalan. Sehingga baik dari sisi operasi dan peralatan sudah dianggap layak untuk digunakan operasional kembali. Tinggal sekarang pihaknya menyerahkan kepada Pemkab Jember dan pihak maskapai untuk merealisasikannya.

Bandara yang panjang landasannya mencapai 1.560 meter itu bisa didarati pesawat jenis ATR 72/600.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Satwika Rumeksa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved