Berdalih Perluasan Terminal Cargo

Pemkot Bakal Merelokasi Terminal Purboyo Madiun

Pemkot Madiun berencana merelokasi Terminal Purboyo yang ada di JL Basuki Rakhmad, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Pemkot Bakal Merelokasi Terminal Purboyo Madiun
surya/sudarmawan
BAKAL DIRELOKASI - Terminal Purboyo yang ada di JL Basuki Rakhmad, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun bakal dipindahkan ke jalur ring road barat, Kota Madiun, Minggu (11/5/2014).

SURYA Online, MADIUN - Pemkot Madiun berencana merelokasi Terminal Purboyo yang ada di JL Basuki Rakhmad, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Pemkot berdalih pemindahan terminal Purboyo dari lokasi lama ke jalur Ringroad Barat, Kota Madiun itu, untuk memperluas Terminal Cargo yang selama ini berada di utara (kanan) terminal lama itu.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Madiun, Heri Suwartono mengatakan pengkajian relokasi terminal Purboyo ke jalur Ringroad Barat itu, sudah memasuki tahap kajian Detail Enginering Desight (DED). Bahkan Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur dan pusat sudah menyetujui rencana relokasi itu.

"Untuk lokasi terminal baru di jalur Ringroad Barat itu, suah ditinjau langsung oleh Direktur Lalu Lintas Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Mereka menyetujuinya," terangnya kepada Surya, Minggu (11/5/2014).

Hasil peninjauan itu, kata Heri lokasi terminal baru itu layak dan memenuhi syarat dijadikan terminal baru. Selain itu, Heri menguraikan jika relokasi terminal lama ke lokasi baru itu untuk perluasan Terminal Cargo (barang) yang ada di utara (kanan) terminal lama. Alasannya, kapasitas truk yang masuk ke Terminal Cargo sudah melebihi kapasitas.

"Kalau sekarang Terminal Cargo itu, mampu menampung 50 truk barang berukuran besar. Maka dengan perluasan itu, nantinya mampu menampung dari kapasitasnya 50 kendaraan itu," imbuhnya.

Lebih jauh, Heri beralasan rencana relokasi itu sudah menjadi tuntutan perkembangan tataran transportasi lokal (tatralok) Pemkot madiun, Tatrawil Propinsi Jawa Timur serta Tatranas Pemerintah Pusat.

"Artinya jaringan transportasi antar kota antar propinsi akan dialihkan ke jalur Ringroad Barat itu. Kan sekarang DEDnya sudah selesai," paparnya.

Sementara mengenai bekas terminal lama, kata Heri selain bakal digunakan perluasan terminal Cargo, sisanya akan digunakan untuk Balai Uji Kendaraan yang selama ini Pemkot Madiun masih meminjam bangunan milik Propinsi Jawa Timur.

"Jadi terminal Cargo tetap disitu. Hanya akan diperluasa ke selatan. Kemungkinan bekas terminal lama akan digunakan perluasan terminal Cargo dan separonya akan digunakan Balai Uji Kendaraan," tegasnya.

Sedangkan saat ditanya mengenai nilai dan besaran anggaran yang digunakan untuk pembangunan terminal baru, perluasan terminal Cargo dan pembangunan kantor Balai Uji Kendaraan, Heri enggan menyebutkannya. Hanya saja, dirinya menyebutkan anggarannya dari pemerintah pusat.

"Anggarannya dari pemerintah pusat," pungkasnya.

Penulis: Sudarmawan
Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved