Liputan Khusus Konflik Kepala Daerah

Wabup Lamongan : Paket Itu Ibarat Kepala dan Leher

Amar mengaku tidak tahu pasti penyebab dirinya ditalak bupati. Yang pasti, ia mulai merasakan itu saat adanya mutasi pertama di Pemkab Lamongan.

Wabup Lamongan : Paket Itu Ibarat Kepala dan Leher
antara
Bupati dan Wakil Bupati Lamongan terpilih, Fadeli (kiri) dan Amar Saifudin saat pengambilan sumpah di gedung DPRD Lamongan, Jawa Timur, Senin (9/8/2014).

SURYA Online, LAMONGAN - Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin  sendiri merasa kecewa dengan suasana  yang dihadapinya.

Mantan Ketua DPD PAN Lamongan ini tidak menyangka kongsi politik bernama Fadeli-Amar Saifudin (Faham) dalam Pilkada 2010 tersebut hanya seumur jagung. Tapi ia mengaku tidak bisa berbuat banyak.

“Paket  bupati dan wakil bupati itu ibarat kepala dan leher. Namanya leher (wabup), tentua  apa kata kepala (bupati),” katanya.

Amar merasa tidak mendapatkan peran maksimal alias porsinya dikurangi.

Ini jelas berbeda dibanding saat melakukan kerja politik dalam kampanye pemenangan Pilbup 2010 silam. Porsinya sama-sama ngebut meraup suara.

 “Jika saja ingat, proses terpilihnya kepala daerah itu  tidak lepas dari wakil, tentu keharmonisan tetap akan berjalan,” tutur Amar.

Amar  mengaku tidak tahu pasti penyebab dirinya ditalak bupati. Yang pasti, ia mulai merasakan itu  saat adanya mutasi pertama di Pemkab Lamongan.

Sebagai wakil bupati, Amar hanya disodori oleh Kepala Badan KepegawaianDaerah (BKD) tentang daftar sejumlah nama PNS yang sudah dalam keputusan untuk dimutasi.
Amar tidak pernah diajak bicara dalam proses sebelumnya.

“Saya sebagai wakil kepala daerah tidak diberi ruang untuk menjalankan amanat UU sebagaimana amanat yang diatur dalam UU,” keluhnya.

Menurut Amar, kepala  daerah dan wakil itu dipilih oleh rakyat langsung. Mestinya, amanat  dari rakyat dijalankan bersama. “Itu harapan saya,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved