Surya/

Erupsi Kelud Manfaatkan SMS

"Kami sudah perintahkan kasat binmas dan seluruh babinkamtibmas, untuk melakukan sosialisasi waspada Kelud,"

SURYA Online, KEDIRI - Aparat kepolisian akan berupaya meminimalkan jatuhnya korban jiwa, jika terjadi erupsi Gulung Kelud dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui SMS.

"Erupsi Gunung Merapi korbannya mencapai 100 jiwa, Gunung Sinabung 15 korban. Kalau Gunung Kelud erupsi korbannya harus nihil," ungkap Kompol Alfian Nurizal, Wakapolres Kediri saat rapat koordinasi dengan muspida, Kamis (6/2/2014).

Dijelaskan Kompol Alfian, nihilnya korban jiwa harus menjadi parameter keberhasilan satlak dalam menyelamatkan korban. "Kami sudah perintahkan kasat binmas dan seluruh babinkamtibmas, untuk melakukan sosialisasi waspada Gunung Kelud," jelasnya.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, masyarakat sejak awal sudah mendapatkan pemberitahuan terkait adanya potensi bencana. Termasuk warga yang ada di lereng Kelud, seperti warga Desa Sugihwaras, Sempu dan Babadan dapat sejak dini mengungsikan hewan ternaknya.

Selain itu, tambah Kompol Alfian, masyarakat diminta untuk bersiap-siap menyelamatkan surat-surat berharga miliknya. Pihak satlak sendiri diharapkan menyiapkan tempat loker penyimpanan surat-surat berharga milik masyarakat.

Dandim Kediri Letkol Inf Heriyado menjelaskan, karena prioritas tempat pengungsian menggunakan bangunan gedung, tim satlak akan menggunakan bangunan sejumlah sekolah terdekat. Namun penggunaan gedung sekolah untuk tempat pengungsian  akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Tags
pladu
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help