• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Surya

Letusan Gunung Kelud Diprediksi Berlangsung Cepat

Senin, 3 Februari 2014 21:59 WIB

SURYA Online, KEDIRI-Letusan Gunung Kelud diprediksi bakal berlangsung cepat. Setelah ditandai munculnya gempa-gempa di kawah biasanya bakal disusul dengan terjadinya letusan Gunung Kelud.

"Pada erupsi 1990 setelah muncul gempa, hanya istirahat empat jam kemudian disusul dengan letusan. Sedangkan erupsi 2007 gempa dengan letusan berselang dua minggu," ungkap Khoirul Huda, Petugas Pos Pemantau Gunung Kelud, Senin (3/2/2014).

Khoirul Huda menambahkan, letusan Gunung Kelud memang sangat spesifik. Karena letusannya biasanya berlangsung sekali tapi dengan kekuatan yang sangat besar.

"Dalam sejarahnya Gunung Kelud  memang letusannya sekali tapi besar. Tidak sampai berkali-kali seperti di Gunung Sinabung," tambahnya.
Kegempaan di kawah Gunung Kelud  sendiri sudah berlangsung sejak Minggu (2/2/2014) dini hari. Gempa dengan interval dan kekuatan yang sama kembali kembali terulang lagi pada Senin (3/2/2014) dini hari hingga petang.

"Pada letusan 2007 setelah mendobrak kemudian terjadi erupsi, tapi letusannya bukan eksplosif tapi epulsif perlahan," tambahnya.
Pada 2007 untuk menyelamatkan penduduk di lereng Gunung Kelud, pemerintah daerah telah mengungsikan ribuan penduduk dari zona bahaya ke tempat pengungsian. Hanya saja erupsi Kelud tidak sampai menyembur tapi memunculkan kubah lava.

"Sebenarnya 2011 juga terjadi gejala serupa, tapi tidak sampai terekspos ke media," ungkap Khoirul Huda yang telah bertugas di Pos Pantau sebelum letusan Gunung Kelud 1990. Khoirul mengetahui banyak tipikal letusan Gunung Kelud yang memang sangat spesifik dan khas.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas