Investasi di Kabupaten Malang Naik 3,2 Persen

Nilai investasi yang ditanamkan investor di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada tahun 2013 naik sebesar 3,2 persen

Investasi di Kabupaten Malang Naik 3,2 Persen
surya/eben haezer panca
PAMERAN INVESTASI - Kontan mengadakan gelaran IFEF 2013 untuk meningkatkan iklim investasi di Dyandra Convention Center Surabaya, Jumat 27-29 September 2013.

SURYA Online, MALANG - Nilai investasi yang ditanamkan investor di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada tahun 2013 naik sebesar 3,2 persen atau menjadi Rp6,326 triliun dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp6,126 triliun.
    
Kepala Kantor Penanaman Modal Kabupaten Malang Dwi Ilham Prasetyanto, Senin (3/2/2014), mengemukakan investasi tersebut merata di 33 kecamatan, namun masih didominasi oleh investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN).
    
"Investasi asing atau penanaman modal asing (PMA) juga ada, tapi nilainya masih jauh dari PMDN. Nilai investasi PMDN selama tahun 2013 sebesar Rp5,185 triliun dan selebihnya dari PMA," katanya.
    
Menurut dia, ada tiga aspek yang memberikan andil terhadap peningkatan investasi tersebut, yakni adanya perluasan PT Otsuka Indonesia yang bergerak di bidang industri farmasi. Kucuran investasinya bertambah sebesar Rp127 miliar.
    
Selain itu, lanjutnya, juga adanya perubahan penyertaan modal PT Agro Mitra Alimentare. Perubahan penyertaan modal usaha yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan buah-buahan itu melalui penambahan investasi sebesar Rp10 miliar.
    
Satu lagi industri yang menambah investasinya adalah PT Beiersdorf. Penambahan investasi industri yang bergerak di bidang kosmetik dan farmasi itu sebesar Rp62,9 miliar.
    
Ia mengatakan investor PMDN yang telah menanamkan modalnya di Kabuapten Malang sebanyak 19 perusahaan dan PMA sebanyak 18 perusahaan. Investasi tersebut untuk pengembangan usaha mereka yang bergerak di bidang pertanian maupun industri.
    
Investor PMA di antaranya berasal dari Jepang, Jerman, Malaysia, Taiwan, Australia, Belanda, China, Italia serta Amerika.
    
Meski ada kenaikan nilai investasi sebesar 3,2 persen atau sekitar Rp200 miliar tersebut, katanya, pihaknya akan terus memacu lebih intensif lagi investasi PMA maupun PMDN.
    
Bahkan, lanjutnya, tahun ini t elah membuka promosi potensi Kabupaten Malang melalui "website" Pemkab Malang se rta media luar ruangan.
    
"Berbagai upaya terus kami lakukan untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Malang, sebab potensi daerah ini cukup beragam dan prospektif. Kami berharap upaya yang dilakukan ini mampu menambah pundi-pundi investasi lebih besar lagi," ujarnya.  (ant)
    

Editor: Heru Pramono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help