Disdik Malang Larang Siswa Bawa Motor ke Sekolah

"Masih akan kami bicarakan dengan pihak sekolah," katanya, Rabu (29/1/2014).

Disdik Malang Larang Siswa Bawa Motor ke Sekolah
Kanit Laka Polres Blitar Kota Ipda Sutrisno menghentikan pelajar yang kedapatan membawa motor, Rabu (18/9/2013).

SURYA Online, MALANG - Dinas Pendidikan Kota Malang, berencana membuat aturan yang melarang para siswa SMA dan SMK membawa sepeda motor serta mobil ke sekolah. Wacana itu bagian untuk mengurangi tingkat kemacetan di Kota Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, mengatakan, masih akan membahas rencana itu dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Dinas Perhubungan (Dishub), dan instansi lain yang terkait.

"Masih akan kami bicarakan dengan pihak sekolah," katanya, Rabu (29/1/2014).

Dikatakannya, banyaknya pelajar yang membawa sepeda motor juga ikut menyumbang kemacetan di Kota Malang. Untuk itu perlu ada pembatasan pemakaian kendaraan untuk para siswa saat ke sekolah.

"Pada pagi dan siang sering terjadi kepadatan kendaraan di Jalan Bandung dan Kauman," ujarnya.

Apalagi, ada beberapa sekolah tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Sehingga, kendaraan para siswa itu harus diparkir di badan jalan di depan sekolah. Kondisi tersebut juga membuat arus lalu lintas tersendat.

"Seperti di MAN 3 dan SMA 3. Karena lahan parkirnya tidak cukup, sepeda motor siswa diparkir di depan sekolah," katanya.

Menurutnya, untuk mewujudkan aturan itu perlu ada koordinasi dengan Dishub. Jika ada aturan yang melarang siswa membawa kendaraan sendiri, berarti harus ada penambahan angkutan umum yang disediakan untuk para pelajar.

"Kalaupun tidak bisa melarang sepenuhnya, kami akan membatasi penggunaan sepeda motor ke sekolah. Siswa yang sejalan bisa berboncengan berangkat ke sekolah," ujarnya.

Sejumlah titik di Kota Malang memang rawan kemacetan saat jam berangkat dan pulang sekolah, misalnya, di Jalan Bandung.

Di jalan itu ada MAN, MTsN, dan MIN. Saat jam pulang sekolah, banyak kendaraan penjemput yang parkir di badan jalan depan sekolah. Hal itu membuat arus lalu lintas tersendat.

Kondisi serupa juga terlihat di SMAN 3 Kota Malang. Banyak sepeda motor dan mobil siswa yang diparkir di badan jalan depan sekolah. Sebab, lahan parkir di sekolah itu tidak mencukupi untuk parkir kendaraan siswanya.

"Di wilayah Kauman kondisinya juga sama, banyak kendaraan penjemput yang parkir di badan jalan depan sekolah," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help