• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Surya

Panitia Haul Gus Dur Siap Sambut Presiden

Kamis, 26 Desember 2013 10:01 WIB
Panitia Haul Gus Dur Siap Sambut Presiden
Ilustrasi, Rudianto menata gambar Gus Dur karya anak-anak TK, SD, SMP, dan SMK di kantor PC NU Jl Agus Salim Kota Batu, Rabu (25/12/2013).

SURYA Online, JOMBANG - Panitia haul ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur menyiapkan acara menyambut kedatangan Presiden di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

"Saat ini, hampir tiap hari ada pemantauan dan pemeriksaan. Bahkan, dari intelijen juga datang melihat kondisi pondok," kata panitia acara Asnawi di Jombang, Kamis (26/12/2013).

Ia mengatakan, dalam haul Gus Dur ke-4, panitia memang ada rencana untuk mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam puncak acara di PP Tebuireng, Jombang. Kegiatan tersebut rencananya diselenggarakan pada 3 Januari 2014, yang dikemas dalam acara tahlil dan pengajian akbar.

Ia juga mengatakan, untuk memperingati haul Gus Dur ke-4 tersebut, selain ada kegiatan tahlil dan pengajian akbar, panitia juga menggelar kegiatan pembacaan maulid diba 1000 rebana di pondok, serta khataman Kitab Suci Al-Quran.

"Di pondok, acara tahlil dan khataman yang kami siapkan, kalau di luar acara pondok kami tidak tahu, karena yang menyelenggarakan pihak lain," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Jombang AKP Sugeng Widodo mengatakan sejauh ini belum ada komunikasi baik dari pusat, provinsi, ataupun panitia sendiri terkait dengan rencana kedatangan Presiden saat haul Gus Dur di PP Tebuireng.

Ia mengatakan, biasanya tiga hari sebelum pelaksanakan akan ada keputusan termasuk personel yang diturunkan jika benar Presiden akan datang ke Jombang.

"Polisi di ring tiga, sementara yang pertama dari paspampres (pasukan pengamanan Presiden). Untuk saat ini, kami belum menyiapkan jumlah personel, karena menunggu kepastian dari pusat," ucapnya.

Menjelang haul Gus Dur yang ke-4, ratusan umat Muslim dari berbagai daerah di Indonesia ziarah ke makam yang ada di kompleks pondok tersebut. Selain makam Gus Dur, di pemakaman tersebut juga terdapat makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asyari, serta sejumlah keluarga lainnya.

Gus Dur lahir di Jombang, pada 7 September 1940. Ia wafat di Jakarta pada 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun. Tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik itu pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001, menggantikan Presiden BJ Habibie setelah dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999. (ant)

Editor: Heru Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
879392 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas