• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Surya

Longsor Timbun Jembatan Mengisolir 500 KK di Ponorogo

Rabu, 18 Desember 2013 18:15 WIB
Longsor Timbun Jembatan Mengisolir 500 KK di Ponorogo
Sejumlah warga Dusun Watu Gunung, Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo membersihkan jembatan yang tertimbun longsor agar sebanyak 500 Kepala Keluarga (KK) warga setempat bisa menuju kantor desanya, Rabu (18/12/2013).

SURYA Online, PONOROGO-Bencana tanah longsor bukan hanya merusak dan mengambrukkan bangunan rumah milik Situ (63) warga Dusun Watu Agung, Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo.

Akan tetapi, juga menimbun jembatan antar Dusun Watu Gunung dan Dusun/Desa Dayakan, Kecamatan Badegan. Dampaknya, saat jembatan tertimbun tanah longsor menyebabkan 500 Kepala Keluarga (KK) terisolir tak bisa menuju kantor desa dan Kecamatan Badegan sebelum tanah longsor itu dibersihkan.

Beruntung puluhan warga langsung bekerja bakti membersihkan puing-puing longsoran yang menutup jembatan antar dusun itu. "Kami bersama warga lainnya sudah sejak pagi membersihkan lumpur yang menutup jembatan antar dusun ini. Bebatuan yang bisa dipindahkan langsung kami pindahkan dan khusus satu batu besar belum bisa dipindahkan lantaran terlalu berat," terang Suparno (54) warga Dusun Watu Agung saat kerja bakti membersihkan tanag longsor kepada Surya, Rabu (18/12/2013).

Selain itu, Suparno mengaku warga tak bisa menunggu puing longsoran dibersihkan bersama petugas dan aparat agar sebanyak 500 warga di dusunnya tidak terlalu lama terisolir akibat bencana tanah longsor itu.

"Kalau menunggu, maka warga di kampung kami bisa berlama-lama tak bisa ke kantor desa dan kecamatan. Karena jembatan ini satu-satunya yang menghubungkan warga dusun kami ke wilayah lainnya," imbuhnya.

Sementara Kasi Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Ponorogo, Setyo Budiono menegaskan bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan ada dua titik yakni satu titik merusak rumah warga dan titik lainnya menutup jembatan penghubung antar dusun.

"Longsor yang menutup jembatan antara dusun sudah mulai dibersihkan warga. Kalau tak dibersihkan sebanyak 500 KK tetap bakal terisolir. Makanya longsor di jembatan itu harus segera dibuka lagi dengan dibersihkan lumpurnya. Kerugian longsor di titik jembatan mencapai Rp 30 juta. Harapan kami mulai besok jalan dan jembatan sudah lancar lagi. Kalau belum akan kami tambah bantuan tenaga evakuasi lumpur di jembatan itu," pungkasnya.

Penulis: Sudarmawan
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
870392 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas