SURYA PAF 2013

Pawai Dulu Sebelum Beri Dukungan

Di hari pertama ini, suporter terbanyak disabet Songomania dari SMAN 9 yang menurunkan sekitar 500 personil

SURYA Online, SURABAYA - Antusiasme pelajar Surabaya terhadap cabang olah raga futsal sangat dahsyat. Hal ini terlihat dari penyelengaraan Surya Putih Abu-Abu Futsal (PAF) 2013 Regional Series di GOR ITS Surabaya, yang berlangsung meriah, Jumat (1/11/2013).

Pertandingan enam laga di hari pertama, 1.100 lebih suporter memadati GOR ITS Surabaya, memberikan dukungan kepada 12 tim SMA/SMK putra dan putri yang berjibaku merebut kemangan. "Di hari pertama ini tiket terjual sebanyak 1.100 lebih," kata Wahyu Apriyanto, staf Panitia Surya PAF 2013, Jumat (1/11/2013).

Sebelum berbondong-bondong ke GOR ITS, para suporter melakukan pawai terlebih dahulu dalam perjalanan menuju GOR ITS. Pawai ini salah satunya dilakukan Pitoemania, kelompok suporter dari SMAN 7. "Kami berkumpul di Pocin (Pohon Cinta) yang ada di SMAN 7 Jl Ngaglik. Setelah berkumpul, kami pawai menuju GOR ITS mengendarai motor," kata Burhanudinsyah, Ketua Pitoemania.

Sepanjang pawai, Pitoemania menyanyikan yel-yel dukungan buat timnya sembari sesekali menyalakan kembang api. "Kami juga membawa bendera dukungan saat pawai. Selain membawa motor, sebagian teman-teman juga ada yang membawa mobil," kata Burhan.

Dijelaskan Burhan, di Surya PAF 2013, Pitoemania sudah menyiapkan diri secara matang. Yakni dengan menggelar latihan dan menyiapkan lagu-lagu atau yel-yel yang akan dimainkan dalam memberikan dukungan.

"Tak hanya berlatih membuat lagu dan yel-yel, kami juga membuat koreo untuk mendukung SMAN 7. Setidaknya ada 20 lagu dan koreo yang sudah kami latih. Sebagian besar kami menyontoh lagu-lagu dari Bonekmania," katanya.

Menurut Burhan, gengsi juga terlihat dalam memberikan dukungan, jadi bukan hanya pertandingan saja yang selalu diselimuti gengsi. "Ini adalah gengsi. Kami ingin tampil seatraktif mungkin. Pitoemania yang datang di hari ini mencapai 300 orang," imbuhnya.

Sedang Stembamania, kelompok suporter SMKN 5 mengaku, mereka hanya spontanitas dalam memberikan dukungan. "Kami tidak ada latihan. Jadi kami spontanitas saja dalam bernyanyi untuk dukungan. Di hari pertama ini sekitar 100 Stembamania yang datang," kata Abdul Rohman, Ketua Stembamania.

Dalam pawai di jalanan, Stembamania pun melakukan hal yang unik dan terkesan menyeramkan. Pasalnya, di antara mereka ada yang mengenakan kostum pocong dan setan tengkorak. "Sejak tahun lalu kami memang identik dengan kesan horor. Kami selalu menggunakan pocong dan setan tengkorak. Tahun lalu kami menjadi suporter terbaik di ajang Surya Futsalic 2012," kata Abdul.

Di hari pertama ini, suporter terbanyak disabet Songomania dari SMAN 9 yang menurunkan sekitar 500 personil memenuhi tribun bagian utara GOR ITS Surabaya.

"Kami ingin SMAN 9 tampil bagus di turnamen ini. Untuk menyemangati para pemain kami harus memberi dukungan yang menarik. Ya itung-itung untuk membakar semangat pemain," kata Egy Rizaldi, Wakil Ketua Songomania.

Menurut Egy, di Surya PAF 2013, Songomania ingin menjadi suporter terbaik meski bukanlah yang utama. Pasalnya, Songomania jelas ingin SMAN 9 memetik juara di event ini.

"Loyalitas teman-teman sangat tinggi. Mereka rela menyisihkan uang sakunya untuk membeli tiket dan meluangkan waktu untuk datang ke GOR ITS," kata Egy.

"Untuk membuat suasana makin asyik, kami membawa alat pukul (drum) dalam mendukung tim kami," kata Sandy Hutama, Ketua Vittorioso Wolulas, kelompok suporter dari SMAN 18.

"Ketika mendukung tim SMAN 18, kami merasa tidak lagi sebagai teman tapi sebagai saudara. Rasa persaudaraan inilah yang membakar semangat kami dalam memberi dukungan," imbuh Sandy.

Tags
dukungan
Penulis: Eko Darmoko
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved