Misteri Gua Surowono

Empat lorong dalam gua Surowono ini menyuguhkan tantangan penyusuran berbeda, dari berjalan biasa, menunduk, jongkok, hingga berenang!

Misteri Gua Surowono
Esti Apriani

Oleh: Esti Apriani
Pendidik di SD Al Muslim Waru Sidoarjo

Gua Surowono ada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Gua berupa lorong bawah tanah dengan sungai yang tak pernah surut walau di musim kemarau. Lubang masuk gua ada dalam sebuah ceruk sumur sedalam kurang lebih lima meter di bawah permukaan tanah.

Menyusuri gua sempit dan gelap ini sungguh menantang. Betapa tidak gua hanya bisa disusuri satu jalur saja. Memasuki lorong demi lorong harus dipandu cahaya senter yang nyalanya cukup kuat dan didampingi pemandu agar tak tersesat, mengingat banyaknya cabang di lorong gua.

Gua Surowono mempunyai empat lorong dan setiap lorong memiliki cara berbeda saat menyusurinya. Lorong pertama disusuri dengan berjalan normal, air pun mengalir sangat deras. Lorong kedua pengunjung harus berhati-hati dan berjalan dengan cara merunduk agar kepala tak terantuk langit-langit gua yang rendah. Lorong tiga disusuri sembari jongkok karena lorong kian sempit dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Lorong terakhir tak kalah serunya karena harus dirambah dengan cara merangkak atau berenang.

Saat menyusuri kadang kaki menginjak batuan besar, kecil, pasir, dan tanah liat. Sementara mata kerap disiram air dari atas dan samping gua menjadikan baju basah kuyup. Seru bukan?

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved