Jumat, 31 Juli 2015

Forum Presentasi RABS Gagal Total

Rabu, 25 September 2013 20:21

SURYA Online, BATU - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu, Budi Santoso berharap Kepala Sekolah Dasar (SD) bisa mempresentasikan Rencana Anggaran Belanja Sekolah (RABS) untuk Tahun Anggaran 2014, Rabu (25/9/2013).

Presentasi itu diperlukan untuk menyusun pembangunan pendidikan ditingkat SD untuk tahun depan, namun pada saat Budi memberikan paparan, forum terdengar gaduh karena para kepala Sekolah berbicara sendiri.

Budi yang akrab dipanggil Tosi mengatakan, gagalnya forum presentasi ini diduga karena para Kasek tidak siap memaparkan anggaran belanja sekolahnya masing-masing. Dari 89 Kepala SD Negeri se-Kota Batu, hanya Kasek SD Negeri Ngaglik 1 saja yang mau presentasi.

“Sebenarnya kami ingin tahu, pengeluaran di masing-masing sekolah itu untuk apa saja. 2014 nanti, kita harus mampu mengelola akutansi secara sistematis. Begitu juga aspek pengelolaan, keterbukaan dan evaluasi harus benar. Jadi di forum itulah sebenarnya kami berharap bisa menuju arah yang benar,” papar Tosi.

Masalah lainnya, banyaknya sekolah yang memiliki siswa di bawah 100 anak sehingga menyulitkan sekolah berinovasi dalam membangun karena anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun BOSDA berdasar jumlah siswa.

“Persoalan ini juga harus segera dituntaskan, kalau tidak nanti akan selalu ada ketimpangan,” sambungnya.

Kasek SD Negeri Sisir V, Suntoro mengatakan, banyak guru yang sudah mengabdi selama 20 tahun lebih tidak dipindah-pindah. Hal itu memiliki dampak negatif karena perlu ada kegiatan lain untuk menyegarkan para guru.

Halaman12
Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Wahjoe Harjanto
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas