• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Surya

38 Desa di Kabupaten Pasuruan Terancam Kekeringan

Rabu, 18 September 2013 19:31 WIB

SURYA Online, PASURUAN- Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bencana kekeringan kembali mengancam masyarakat di Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, terdapat 38 desa di 9 kecamatan yang masuk dalam kategori  rawan kekeringan.

"Ada 38 desa di 9 kecamatan yang rawan kekeringan," kata kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Selasa (18/9), melalui sambungan telepon.

Sembilan kecamatan tersebut, di antaranya kecamatan Gempol, Beji, Lekok, Nguling, Rejoso, Kejayan, Winongan, Lumbang dan Grati.

Ia mengatakan, saat ini BPBD sudah mulai mengirimkan air ke 14 desa, yang dianggap kritis.  "Kami memprioritaskan desa yang kritis, kesulitan air untuk minum dan makan sehari-hari. 10 liter per jiwa per hari, "' terangnya.

Yudha menambahkan,  pihaknya juga
mengirim petugas ke 24 kecamatan, untuk memantau dan melaporkan setiap perkembangan terjadinya kekeringan.

Dia menambahkan, untuk sementara ini, BPBD telah mengalokasikan anggaran belanja tak terduga, untuk distribusi air ke desa-desa sebesar 98 juta rupiah. Jumlah tersebut, diambil dari anggaran Pemkab Pasuruan pada. 2013, sebesar 3 milliar rupiah, untuk penanggulangan bencana banjir, tanah longsor, puting beliung, kekeringan dan lainnya. (rbp)

Penulis: agung
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
746832 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas