• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Surya

Mantan Satpam SI Ditangkap Polisi

Minggu, 25 Agustus 2013 17:43 WIB

SURYA Online, TUBAN-Polisi menangkap penipu yang mengatasnamakan perusahaan Semen Indonesia. Penipu itu adalah Winoto (34), mantan satpam Semen Indonesia yang tinggal di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Winoto ditangkap karena menipu dua pemuda desa yang mencari kerja, yaitu Yulianto, 36 tahun, warga Kelurahan Doromukti, dan Yasin, 32 tahun, warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding.

"Kepada dua korban ini, pelaku menjanjikan untuk bekerja sebagai security di Semen Indonesia melalui PT Shleter, rekanan PT Semen Indonesia yang menangani bagian security," kata AKP Wahyu Hidayat, Kasat Reskrim Polres Tuban, Minggu (25/08/2013) siang.

Wahyu menjelaskan, modus penipuan Winoto cukup sederhana, sebab dia hanya berpura-pura bisa memasukan kedua orang tersebut ke Semen Indonesia asalkan membayar uang. Permintaan uang itu berbeda-beda pada masing-masing orang. Winoto meminta uang pada Yasin Rp 8 Juta dan Yulianto Rp 6 juta.

Untuk semakin menyakinkan korban, Winoto lantas menceritakan pengalamannya bekerja di di PT Swabina Gatra, anak perusahaan PT Semen Indonesia.

"Uang itu diberikan seminggu lalu, dan setelah itu pelaku menghilang," jelas Wahyu.

Mendapati kenyataan tersebut, Yasin dan Yulianto pun kebingungan. Selain pekerjaan tak mereka dapat, Winoto pun tak diketahui keberadaannya. "Antara pelaku dan korban ini baru bertemu sekali," kata Wahyu.

Tak kehilangan akal, para korban ini kemudian melaporkan kasus ini ke Polres Tuban. Mereka juga memancing pelaku untuk bertemu di sebuah hotel di kawasan Pantura Tuban, Sabtu (24/08/2013) malam hingga akhirnya berhasil menangkap Winoto.

"Yang nangkap korban sendiri di Hotel. Setelah itu dibawa ke Polres. Kini sedang dalam pemeriksaan," tambah Wahyu.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
712612 articles 36 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas