• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Surya

Simulasi Kerusuhan di Apel Pengamanan Pilgub Jatim

Minggu, 11 Agustus 2013 18:25 WIB

SURYA Online, PONOROGO-Ribuan anggota Polres dan aggota Kodim 0802 Ponorogo melaksanakan apel gelar pasukan untuk persiapan pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim yang bakal digelar 29 Agustus mendatang di Pendopo Pemkab Ponorogo, Minggu (11/8/2013).

Gelar pasukan yang diikuti anggota Polres, Kodim, serta berbagai elemen masyarakat lain ini sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban yang dalam Pilgub Jatim yang waktunya tinggal menunggu hari saja.

Dalam gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Ponorogo AKBP Iwan Kurniawan ini, juga dilengkapi acara simulasi pengamanan gangguan dalam kampanye serta pelaksanaan Pilgub.

Apel kesiapan petugas kemanan dalam menciptakan persiapan Kamtibmas ini untuk menciptakan situsasi kondusif dalam pelaksanaan Pilgub. Untuk menjaga keamanan yang mungkin timbul dalam Pilgub para anggota Polri, TNI, birokrasi serta semua elemen masyarakat lain diminta tetap mejaga profesinalisme kinerja tanpa melanggar HAM.

Selain itu semua petugas dan aparat harus kooperatif dan tegas serta mengedepankan disiplin tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Sedangkan dalam simulasinya, sempat berlangsung kisruh. Pasalnya ratusan massa menyerbu calaon Gubernur yang sedang berkampanye dan sempat terjadi lempar botol air mineral kosong serta air dalam plastik.

Suasana gaduh dan berhamburan saling serbu antar massa pro calon gubernur dan massa yang menolak kedatangan calon gubernur tersebut tak terhindarkan. Untuk mengahalau massa tersebut Kapolres memerintahkan anggota Dalmas untuk melepaskan tembakan peringatan agar kisruh berhenti.

Setelah salah satu anggota melepaskan tiga kali tembakan peringatan ratusan massa itu semburat mengamankan diri masing-masing.

"Kericuhan itu hanya merupakan simulasi dalam keamanan operasi mata praja dalam Pilgub Jatim. Opersi Pilgub ini untuk pengamanan demi mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan santun serta tertib dan kondusif. Baik untuk untuk Ponorogo maupunJatim," terang Kapolres Ponorogo kepada Surya, Minggu (11/8/2013).

Sementara dalam pelaksanaan pengamanan Pilgub Jatim mendatang, Polres Ponorogo bakal menerjunkan ribuan personilnya di berbagai TPS yang ada di Kabupaten Ponorogo. "Mulai persiapan hingga puncaknya 29 Agustus nanti kami akan terjunkan kurang lebih 1.049 anggota Polri untuk pengamanan Pilgub di Ponorogo," pungkasnya.

Penulis: Sudarmawan
Editor: Satwika Rumeksa
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas