Setelah Kediri, Yogi Buka Kampus UB Cabang Kasembon

Setelah membuka seleksi Universitas Brawijaya (UB) Kampus IV Kediri dua tahun silam, kini UB kembali membuka UB Kampus IV baru di Kasembon.

SURYA Online, MALANG – Setelah membuka seleksi Universitas Brawijaya (UB) Kampus IV Kediri dua tahun silam, kini UB kembali membuka UB Kampus IV baru di Kasembon.

Kampus IV Kasembon ini sudah beroperasi dan masuk dalam seleksi masuk (selma) UB tahun akademik 2013/2014. Ada delapan program studi (prodi) di UB Kasembon ini.

Delapan prodi itu terbagi dari dua jurusan IPA dan IPS, di mana masing-masing jurusan ada empat prodi.

Untuk jurusan IPA ada prodi Budidaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Agroekoteknologi, dan Agrobisnis Perikanan. Sementara jurusan IPS ada prodi Psikologi, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, dan Ekonomi Islam.

Hanya saja, jalur masuk ke Kampus IV Kasembon ini belum bisa dilakukan dari jalur undangan (SNMPTN) dan ujian tulis (SBMPTN), melainkan hanya dari jalur mandiri (SPMK) saja.

Rektor UBProf Dr Ir Yogi Sugito mengatakan pengembangan kampus-kampus UB di luar Kota Malang merupakan implementasi program jarak jauh (PJJ) UB, yang cikal-bakalnya berawal di Kampus IV Kediri.

Yogi menuturkan ekspansi UB ke berbagai wilayah di luar Malang Kota ini untuk memberikan kemudahan akses warga Jatim bagian barat agar bisa mengenyam pendidikan berkualitas yang dekat dari rumah.

“Pembukan PJJ UB Kampus IV Kediri dan Kasembon ini untuk menjangkau warga Jatim daerah Mataraman yang ingin masuk UB. Jadinya tidak perlu jauh-jauh ke Malang,” kata Yogi kepada Surya online, Kamis (25/7/2013).

Untuk UB Kasembon sendiri, Yogi membeberkan awalnya UB hanya memilki laboratorium mini untuk pengembangan penelitian duren, produk pertanian lain, dan perikanan.

Namun, tepat di tengah Kota Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang, Yogi melihat ada sebuah gedung yang masih bagus namun tidak beroperasi sebagai perkantoran.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help